Bagikan:

JAKARTA - Pernikahan spektakuler super mewah keturunan keluarga Ambani yang super kaya di India, tiba-tiba menjadi bernuansa politis dengan adanya poster Perdana Menteri India Narendra Modi di sepanjang jalan menuju tempat tersebut.

Anant Ambani (29), putra bungsu orang terkaya di Asia Mukesh Ambani, menikahi pacarnya Radhika Merchant (29) pada Jumat, 12 Juli, diikuti dengan resepsi selama tiga hari.

“Sambutan sepenuh hati kepada Perdana Menteri India Narendra Modi yang tercinta dan terhormat di Mumbai,” demikian bunyi lusinan poster yang baru-baru ini dipasang oleh para pekerja partai berkuasa di sepanjang jalan menuju Jio World Convention Centre milik Ambani, Reliance Industries, dilansir Reuters.

Meski tamu dalam pernikahan tersebut diperkirakan termasuk bintang reality TV Kim Kardashian, mantan juara tinju kelas berat Mike Tyson serta mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair dan Boris Johnson.

Nama Modi belum tercantum dalam daftar tamu yang dibagikan oleh penyelenggara.

Modi mengunjungi daerah Mumbai untuk meresmikan "proyek" dan mungkin akan menghadiri pernikahan Ambani sebentar, kata Manoj Shinde, seorang pejabat polisi dari departemen lalu lintas distrik Kompleks Bandra Kurla.

Poster-poster itu tidak dipasang oleh partai Modi tetapi mungkin dipasang oleh beberapa "pekerja partai yang bersemangat", kata Keshav Upadhye, juru bicara utama partai berkuasa Modi.

Modi menghadapi banyak kritik dari para pemimpin oposisi India yang mengatakan dia terlalu dekat dengan taipan seperti Ambani, tuduhan yang dibantah oleh perdana menteri dan pemerintahannya.

Pernikahan tersebut dianggap sebagai acara publik oleh pejabat setempat karena kehadiran begitu banyak selebriti internasional dan lokal, politisi dan pemimpin bisnis.

Hal ini berarti lalu lintas di daerah tersebut ditutup untuk umum hampir sepanjang hari selama empat hari – meningkatkan kemarahan penduduk setempat di Mumbai – sebuah kota yang dilanda kemacetan lalu lintas, terutama di musim hujan.

Perkiraan jutaan dolar yang dikeluarkan oleh Ambani untuk perayaan selama berbulan-bulan – yang menampilkan bintang pop Rihanna dan Justin Bieber tampil di acara pra-pernikahan, juga telah memicu perdebatan di negara di mana ketimpangan pendapatan meningkat.

Meskipun beberapa pendukung mengatakan peristiwa tersebut meningkatkan perekonomian dan membantu menghasilkan bisnis bagi banyak warga, yang lain seperti politisi oposisi India Thomas Isaac menyebut jumlah pengeluaran tersebut “tidak senonoh”.

“Secara hukum mungkin itu uang mereka, tapi pengeluaran yang berlebihan seperti itu adalah dosa terhadap ibu pertiwi dan orang miskin,” katanya dalam postingan di X.