Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah pegadang di Pasar Kayuapak, Kabupaten Sukoharjo, mendeklarasikan dukungan kepada Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, untuk maju sebagai Calon Gubernur Jateng. 

Mereka siap bergerilya menggalang dukungan dari pegadang pasar se-Sukaharjo demi memenangkan Sudaryono di Pemilihan Gubernur Jateng 2024.

"Kami pedagang Pasar Kayuapak menyatakan mendukung Mas Dar (panggilan akrab Sudaryono) dan siap mengajak teman-teman sesama pegadang pasar se-Sukoharjo untuk memilih beliau di Pilgub Jateng 2024," kata perwakilan pegadang Pasar Kayuapak, Tariyono, di Pasar Kayuapak, Sukoharjo, Jateng, Jumat, 12 Juli.

Menurut Tariyono, pegadang Pasar Kayuapak melabuhkan pilihan kepada Sudaryono karena yakin di tangannya, Jateng bakal bertumbuh menjadi provinsi yang berpihak masyarakat kecil. 

Tariyono mengungkap latar belakang Sudaryono yang dekat dengan kaum petani dan pedagang pasar menjadi poin penting mereka menentukan dukungan.

"Mas Dar sering blusukan ke pasar-pasar tradisional dan menyapa kami. Beliau sering menanyakan bagaimana hasil jualan hari ini di pasar. Beliau juga dekat dengan petani. Ini poin penting bagi kami menilai calon gubernur kami," ujar Tariyono.

Tariyono mengungkap sebenarnya banyak pegadang pasar se-Sukoharjo yang mendukung Sudaryono maju sebagai Calon Gubernur Jateng. "Karena beliau sudah mengayomi kami jauh-jauh hari sebelum menjadi Calon Gubernur lewat program Warung Juang," jelas Tariyono.

Dukungan dari para pedagang itu dititipkan kepada sejumlah pengurus Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Papera) Kabupaten Sukoharjo yang sedang melakukan blusukan di Pasar Kayuapak. Papera sendiri merupakan organisasi sayap Partai Gerindra.

Sekretaris Papera Kabupaten Sukoharjo, Sidiq Riyanto, mengapresiasi dukungan pegadang Pasar Kayuapak kepada Sudaryono. Dia juga menyampaikan rasa terima kasih dukungan para pedagang kepada Sudaryono yang juga Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) ini.

Sementara terkait kesiapan mereka untuk menggalang dukungan ke sesama pedagang pasar, kata dia, menjadi obat penyemangat bagi kader Papera Kabupaten Sukoharjo mengintensifkan blusukan ke pasar-pasar tradisional.

"Kalau mereka saja (pedagang) bersemangat memenangkan Mas Dar, kita juga harus lebih gaspoll lagi blusukan ke pasar-pasar menyosialisasikan Mas Dar sebagai Cagub Jateng," tegas Sidiq.