'Emak-emak' Dukung Rizieq Shihab Maksa Masuk ke PN Jaktim
Tangkapan layar Live Era.id

Bagikan:

JAKARTA - Massa pendukung Habib Rizieq Shihab terus berdatangan ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat, 19 Maret, dari segala penjuru. Pihak keamanan pun melakukan pencegahan terhadap massa yang didominasi ibu-ibu.

Bahkan petugas keamanan menghadang mereka jauh dari pintu gerbang PN Jaktim. Petugas sempat adu mulut dengan massa pro Rizieq Shihab.

"Mohon balik ya bu, disini sidang engga ada terdakwa. Jadi sebaiknya pulang," kata petugas sambil mengangkat tangan.

Namun massa dari ibu-ibu ini ngoto tetap ingin masuk ke dalam. Mereka ingin melihat langsung jalannya persidangan.

"Ini kok begini, kata negara hukum, sidang kan terbuka untuk umum. Kenapa engga boleh?," kata ibu-ibu yang tidak diketahui namanya.

"Iya bu, mohon maaf ya. Mohon balik," kata petugas.

Adapun diketahui pengamanan Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur jelang sidang Habib Rizieq Shihab, Jumat, 19 Maret kian diperketat dibandingkan dengan sidang sebelumnya.

Berdasarkan pantauan VOI, pengamanan ekstra ini terlihat dengan penjagaan yang berlapis. Dimana ribuan polisi dikerahkan untuk mengamankan sidang hari ini.

Pada lapisan terluar, ratusan personel dari TNI dan Polri disiagakan. Mereka berbaris tepat di gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Terlihat juga dua mobil water cannon yang terparkir tepat di sisi kanan dan kiri gedung pengadilan

Kemudian, lapisan kedua yakni kawat berduri yang juga mengelilingi gedung pengadilan. Bahkan, di pintu gerbang pengadilan puluhan personel polisi pun berjaga.

Terakhir, pengamanan di bagian dalam pengadilan. Dua anjing K-9 dikerahkan. Dari skema pengamanan ini, tak semua orang bisa masuk ke dalam lingkungan pengadilan.