Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni menegaskan tidak ada ruang bagi fasisme menyusul munculnya video berisi kader muda partainya hormat ala Nazi sembari berteriak "Sieg Heil".

Meloni menekankan bagi anggota partai konservatif nasional Italia yang mengidolakan masa lalu fasisme Italia bakal disanksi pemecatan.

“Tidak ada ruang di Brothers of Italy untuk rasisme atau antisemitisme, juga tidak ada ruang bagi mereka yang merindukan rezim totaliter abad ke-20 atau untuk manifestasi cerita rakyat bodoh apa pun,” katanya dalam pernyataan yang ditujukan kepada pemimpin partai konservatif nasional Italia, dikutip dari NBC News, Rabu 3 Juli.

“Tugas kami terlalu berat jika mereka belum memahami ruang lingkupnya dan dibiarkan untuk merusaknya,” sambungnya.

Brothers of Italy berakar pada kelompok neo-fasis yang dibentuk setelah Perang Dunia II.

Beberapa tahun terakhir, Meloni diketahui berusaha menjauhkan diri dari kelompok sayap kanan dan menegaskan partainya adalah partai konservatif arus utama.

Video yang viral itu sedang diselidiki media online Italia, Fanpage. Turut serta dalam pengusutan adalah partai-partai oposisi.

Para oposisi menyebutkan, Brothers of Italy adalah tempat perlindungan bagi kelompok sayap kanan ekstrem. Mereka juga menuding Meloni berusaha menampilkan citra moderat baik di dalam maupun luar negeri terkait kelompok yang diduga terafiliasi PM Italia itu.