Khofifah Bahagia Jokowi Pakai Batik Madura Buka Kongres HMI
Presiden Jokowi saat membuka kongres HMI (ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Presiden Joko Widod membuka Kongres Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Ke-XXXI secara virtual di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terkejut, melihat Jokowi mengenakan pakaian batik Madura hasil produk UMKM setempat.

"Terima kasih kepada presiden yang berkenan membuka kongres, dan yang lebih membahagiakan warga Jatim, terutama masyarakat dan pelaku UMKM Madura karena batik yang dipakai Presiden adalah batik Madura," kata Khofifah, dalam sambutannya, Rabu, 17 Maret.

Presiden mengenakan batik cokelat lengan panjang dengan setelan celana hitam, berkopiah dan bermasker putih yang saat pembukaan didampingi Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Agenda utama kongres adalah memilih ketua umum yang diselenggarakan pada 17 Maret 2021 hingga 21 Maret 2021 di tiga tempat berbeda di Kota Pahlawan dengan alasan protokol kesehatan.

Pada kongres HMI, Khofifah berharap tujuan dan hasil akhirnya berjalan sesuai tema, yaitu merajut persatuan untuk Indonesia berdaulat dan berkeadilan. Khofifah juga berpesan dalam kongres selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19.

"Yakinlah dengan keikhlasan serta ketulusan maka maka seluruh usaha akan sampai. Kami ucapkan selamat sukses Kongres HMI, dan semoga berjalan lancar," katanya.

Presiden Jokowi dalam sambutannya, menitip pesan pada kader HMI, untuk terus tumbuh menyesuaikan zaman, dan mampu beradaptasi dengan segala pembaruan. 

"Saya juga minta agar HMI terus membangun kolaborasi dalam agenda penting nasional, termasuk dalam upaya mengatasi pandemi COVID-19," kata Jokowi, di Istana Negara Jakarta melalui siaran virtual.

Selain itu, Jokowi juga dapat membantu pemerintah ditengah kesulitan di tengah pandemi COVID-19. Jokowi berharap HMI bisa membantu masyarakat bangkit, utamanya dalam pemulihan ekonomi. 

"Saya juga mengajak kader HMI membangun optimisme dan harapan, serta membantu masyarakat yang berada dalam kesulitan di tengah pandemi COVID-19 ini," ujarnya.

Sementara itu, hadir pada pembukaan di Gedung Grahadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Prof Mahfud MD, tokoh nasional Akbar Tanjung, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi serta pejabat Forkopimda setempat