Bagikan:

JAKARTA - Iran menggelar pemilihan umum (pemilu) hari ini, Jumat 28 Juni. Sosok pengganti Presiden Ibrahim Raesi yang meninggal akibat kecelakaan helikopter bakal ditentukan dalam pemilu sela tersebut.

Mengutip Al Jazeera, rakyat Iran mulai berdatangan ke tempat pemungutan suara (TPS) yang dibuka sejak pukul 8.00 waktu setempat dan akan ditutup pada pukul 18.00 di hari yang sama.

Kementerian Dalam Negeri Iran mencatat sebanyak 61.452.321 orang berhak memilih di dalam dan di luar negeri dalam pesta demokrasi di Iran ini.

Menurut survei jajak pendapat terbaru yang dirilis pusat penelitian parlemen Iran dikutip dari media Tasnim, jumlah pemilih dalam pemilu ini sebanyak 48,6 persen, yang berarti angka terendah baru dalam gelaran pemilu-pemilu sebelumnya.

Berdasarkan survei itu, Pezeshkian menjadi calon kuat pengganti Raesi dengan raihan 30 persen suara, diikuti Jalili dan Ghalibaf dengan masing-masing 18,8 dan 16,8 persen.

Sementaa Pourmohammadi tetap berada di urutan terbawah dengan enam persen.

Survei itu juga mengungkapkan sebanyak 24 persen pemilih masih ragu-ragu, sehingga dinilai memiliki potensi besar untuk memenangkan calon kandidat.