Bagikan:

JAKARTA - Polisi Kanada 'menyalahkan' pengemudi bus kecil atas kecelakaan yang menewaskan 17 orang lanjut usia tahun lalu. Sopir ini dianggap lalai karena berhenti di depan truk yang melaju kencang.

Pihak berwenang mengatakan mereka tidak akan membebankan tuntutan kepada pengemudi tersebut, karena dia menderita cedera otak traumatis.

Kecelakaan itu, salah satu yang terburuk dalam sejarah Kanada, terjadi pada Juni 2023, sekitar 170 km (105 mil) barat Winnipeg di provinsi tengah Manitoba.

Sopir bus, yang membawa warga lanjut usia memasuki persimpangan jalan raya "ketika tidak aman untuk melakukannya" dan truk kemudian menabrak kendaraan tersebut, kata inspektur polisi Rob Lasson dilansir Reuters, Rabu, 26 Juni.

"Itu terjadi karena pilihan sopir bus. Namun, kami tidak bisa membuktikan bahwa pilihan hari itu merupakan akibat pidana," ujarnya.

Chris Vanderhooft, seorang jaksa yang bekerja untuk pemerintah Manitoba, mengatakan blank spot di dalam bus menghalangi pengemudi untuk melihat truk tersebut.