Bagikan:

JAKARTA - Yunani menangkap tersangka bos mafia bergelar “vor v zakone"- yang dicari oleh Rusia berdasarkan red notie Interpol.

Eropa telah meningkatkan perlawanannya terhadap kelompok kejahatan terorganisir berbahasa Rusia sejak pembunuhan seorang pemimpin klan pada tahun 2013 di Moskow yang memicu perebutan kekuasaan di antara jaringan kejahatan tersebut.

Europol, badan penghubung kepolisian Uni Eropa, mengatakan jaringan "vory v zakone" merupakan organisasi kriminal berstruktur ketat yang berasal dari dunia bawah tanah Uni Soviet, yang runtuh pada tahun 1991.

Dilansir Reuters, Rabu, 26 Juni, polisi Yunani menangkap warga Georgia berusia 51 tahun, yang namanya belum dirilis setelah menerima informasi dia berencana melakukan perjalanan ke Athena.

Red notice dikeluarkan oleh Interpol terhadap pria Georgia itu atas permintaan Rusia. Dia ditangkap di restoran di pusat kota Athena di mana dia menghadiri makan malam bersama 13 pria lainnya.

Seorang pria berusia 58 tahun ikut ditangkap karena kepemilikan senjata. Sedangkan pria ketiga ditangkap karena tidak memiliki izin tinggal dan menolak menjalani pemeriksaan identitas.