Terungkap, Bos Mafia Italia Matteo Messina Denaro Tertangkap Lantaran Kakak Perempuannya Melanggar Tradisi <i>Pizzini</i>
Penangkapan Messina Denaro. (Sumber: Tangkapan layar YouTube channel Arma dei Carabinieri)

Bagikan:

JAKARTA - Bos mafia papan atas Matteo Messina Denaro ditangkap berkat sebuah catatan tulisan tangan yang ditemukan tersembunyi di rumah kakak perempuannya, melanggar salah satu tradisi komunikasi mafia, demikian dokumen peradilan menunjukkan, setelah polisi menangkap wanita tersebut pada Hari Jumat.

Rosalia (Rosetta) Messina Denaro (67), ditahan di Sisilia dengan tuduhan keanggotaan mafia, kata polisi Carabinieri, yang merilis surat perintah penangkapan setebal 57 halaman, melansir Reuters 3 Maret.

Sang adik, Matteo Messina Denaro (60) adalah orang yang paling dicari di Italia hingga penangkapannya pada 16 Januari, setelah 30 tahun dalam pelarian. Dia ditangkap di Palermo, di luar sebuah klinik swasta untuk perawatan kanker.

Matteo Messina Denaro menggunakan identitas palsu, tetapi polisi membuka kedoknya setelah menemukan bahwa pria yang identitasnya dia curi tidak berada di rumah sakit, ketika catatan menunjukkan bahwa dia seharusnya berada di sana.

Pihak berwenang Italia sebelumnya mengatakan, Messina Denaro tersandung oleh kesehatannya yang menurun. Namun pada Hari Jumat mereka mengungkapkan sumber dari petunjuk kunci tersebut.

Selama dalam pelarian, Messina Denaro mengikuti tradisi mafia dalam berkomunikasi dengan kerabat dan afiliasinya melalui pizzini, potongan-potongan kertas kecil yang terkadang ditulis dalam kode.

Kakaknya adalah salah satu orang yang menangani pizzini, tetapi tidak mengikuti anjuran sang adik untuk membakarnya setelah digunakan, kata polisi.

"Hasil bersejarah dari penangkapan itu... berasal dari sebuah catatan, yang disimpan dengan tidak hati-hati, meskipun disembunyikan, oleh Rosetta," tulis seorang hakim dalam surat perintah.

Sebulan sebelumnya, polisi telah menemukan catatan itu di dalam kaki kursi aluminium di rumah Rosalia di Kota Castelvetrano, Sisilia barat, kata surat perintah penangkapan.

Petugas berhasil menemukannya selama operasi rahasia untuk menanam alat penyadap dan perekam video, yang salah satunya direncanakan ditanam ke dalam kursi.

Polisi memotret catatan tersebut, yang awalnya tampak seperti kumpulan kata, tanda dan huruf yang tidak dapat dipahami, kemudian menyusunnya di tempat mereka menemukannya. Analisis menunjukkan bahwa catatan itu mencatat perjuangan seorang pria melawan kanker usus besar.

Polisi menduga bahwa catatan tersebut merujuk pada seorang kerabat, dan berfokus pada Matteo setelah memverifikasi bahwa tidak ada anggota keluarga lain yang memiliki masalah kanker yang sama.

Diketahui, Matteo telah dihukum atas daftar panjang kejahatan, termasuk pembunuhan jaksa top Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino, serta seorang remaja yang tubuhnya dilarutkan dalam asam.

Sementara terkait Rosalia, aparat menuduh dia memiliki peran utama dalam keluarga mafia, bertindak sebagai bendahara, mengatakan dia berkomunikasi dengan Messina Denaro menggunakan nama kode "Fragolone" atau "stroberi besar."

Rumahnya dihiasi dengan lukisan potret besar saudara laki-lakinya yang menjadi buronan, yang menunjukkan dia mengenakan kacamata hitam dan mahkota, sebuah video polisi menunjukkan.

Suami Rosalia, Filippo Guttadauro, adalah seorang mafia Sisilia yang juga dihukum. Sementara, putrinya Lorenza adalah pengacara pembela Matteo Messina Denaro.

Diketahui, surat perintah penangkapan terhadapnya menggambarkan Rosalia sebagai seorang wanita dengan "asal-usul dan tradisi yang terinspirasi oleh budaya mafia yang ortodoks dan keras".