Bagikan:

JAKARTA - Tamayo Perry, penjaga pantai dan instruktur selancar – yang juga pemeran dalam film “Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides” dan “Blue Crush” – meninggal akibt serangan hiu di Pantai Utara Oahu, Hawaii.

“Kami berduka atas kehilangan yang tak terbayangkan ini, kami diingatkan akan risiko yang dihadapi oleh penjaga pantai kami setiap hari, dan kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas layanan mereka,” kata Wali Kota Honolulu Rick Blangiardi dikutip CNN.

Tamayo Perry, 49, disebut sebagai pria yang mencontohkan keberanian hingga tanggung jawab mendalam, “melayani komunitas kami dengan dedikasi yang tak tergoyahkan. Tindakan heroik dan upaya tak kenal lelahnya untuk menjamin keselamatan warga dan pengunjung kami tidak akan pernah terlupakan,” sambungnya.

Saat kejadian pada Minggu, 23 Juni, petugas tanggap darurat tiba di pantai setelah ada panggilan masuk tentang seorang peselancar yang terluka parah akibat serangan hiu, kata juru bicara Layanan Medis Darurat Honolulu Shayne Enright.

Honolulu Ocean Safety merespons dengan jet ski dan membawa Perry ke pantai, di mana petugas pertolongan pertama menyatakan dia meninggal.

Perry adalah seorang penjaga pantai yang dicintai oleh semua orang, seorang peselancar profesional yang dikenal di seluruh dunia, dan memiliki kepribadian yang “menular”, kata penjabat Kepala Keselamatan Laut Honolulu Kurt Lager.

“Sama seperti orang-orang mencintainya, dia juga lebih mencintai orang lain,” kata Lager.

Perry beberapa kali muncul TV dan film, menurut halaman IMDb-nya.

Biografi Perry di situs web Oahu Surfing Experience mencantumkan film “Pirates of the Caribbean”, “Charlie’s Angels 2”, “Blue Crush”, dan acara TV terkenal “Lost” dan “Hawaii Five-0”, di antara kreditnya.

Perry juga muncul dalam kampanye iklan nasional dan internasional, tulisnya.

“Saat saya tidak berakting, saya masih memiliki karakter yang cukup, jadi selalu ada banyak kesenangan yang bisa didapat,” katanya.

Terkait insiden ini, Universitas Florida mencatat 120 kasus gigitan hiu pada tahun 2023. Dari 36 gigitan hiu yang terjadi di AS, delapan terjadi di Hawaii, salah satunya berakibat fatal.

Menurut laporan file serangan hiu pada tahun 2023, peselancar mengalami 42 persen gigitan di seluruh dunia. Meskipun jumlah kasus gigitan dan kematian meningkat tahun lalu dibandingkan tahun sebelumnya, penulis laporan mengatakan angka tersebut masih sejalan dengan tren terkini.