Bagikan:

JAKARTA - Rusia kembali menghidupkan layanan kereta penumpang langsung dengan Korea Utara pada Juli setelah jeda empat tahun karena pandemi COVID-19, kantor berita Interfax melaporkan.

Mengutip gubernur wilayah timur Rusia Primorsky Krai yang berbatasan dengan Korea Utara, Oleg Kozhemyako, Interfax melaporkan kereta akan berangkat dari kota Vladivostok ke pelabuhan Rason di Korea Utara.

“Setelah naik ke Vladivostok, (penumpang) akan langsung datang ke DPRK, menikmati keindahan, alam, budaya di sana, mengenal adat istiadat dan tradisi,” kata agensi tersebut mengutip pernyataan Kozhemyako pada pembukaan festival barang di Vladivostok, dilansir Reuters, Rabu, 26 Juni.

Setelah Rusia melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada tahun 2022 dan penerapan sanksi terhadap Moskow oleh sekutu Kyiv, Rusia condong ke Asia dan Afrika, mencari hubungan ekonomi, keamanan, dan diplomatik.

Presiden Vladimir Putin mengunjungi Korea Utara pekan lalu untuk pertama kalinya sejak tahun 2000, memperdalam hubungan Moskow dengan Pyongyang dan menandatangani perjanjian bilateral yang mencakup janji pertahanan bersama.