Bagikan:

JAKARTA - Petugas polisi di Seattle, Washington, Amerika Serikat, dipecat karena berlaku rasis dan seksis terhadap tetangga rumahnya. Ia melontarkan umpatan ke tetangga wanita bernama Zhen Jin dengan sebutan 'Tionghoa Amerika' pada 2022 lalu. Petugas yang berdinas di Burton Hill ini dipecat pada bulan Mei, 

Seattle Times dikutip via abcnews menyebutkan, pemutusan hubungan berawal dari pertengkaran dengan tetangganya, Zhen Jin, atas pembuangan tulang anjing di kompleks kondominium tempat mereka tinggal di pinggiran kota Seattle.

Kantor Akuntabilitas Polisi Seattle telah merekomendasikan berbagai tindakan disipliner, mulai dari penangguhan selama 30 hari hingga pemutusan hubungan kerja. H

"Hill (nama pelaku) dipecat oleh Kepala polisi Adrian Diaz pada 2 Mei," kata juru bicara polisi Eric Muñ, dilansir dari abcnews, Jumat, 21 Juni. 

Upaya Associated Press untuk menghubungi Hill untuk meminta komentar tidak segera berhasil. 

Mantan kepala polisi itu sendiri dicopot dari jabatannya pada akhir Mei oleh Walikota Bruce Harrell setelah tuntutan hukum yang menuduh kepolisian tidak ramah dan diskriminatif terhadap perempuan dan orang kulit berwarna.

Audio aslinya diterbitkan oleh surat kabar The Stranger tentang pertengkaran antara Hill dan Jin, yang dikutip panjang lebar dalam laporan OPA terakhir, termasuk Hill membombardir Jin dengan ancaman dan hinaan atas Jin yang diduga membuang sisa makanan di luar yang coba dimakan anjing Hill.

Dalam rekaman tersebut, yang diberikan kepada kantor akuntabilitas oleh Pusat Informasi dan Layanan nirlaba China, Hill menggunakan istilah yang menghina wanita dan orang Asia Timur, juga berulang kali menyebut Jin "bodoh."Pada satu titik, Hill memberitahunya," Kamu akan masuk penjara.”

Direktur OPA Gino Betts Jr. mempertahankan dua dari tiga tuduhan terhadap Hill terkait profesionalisme petugas dan kepolisian berbasis bias. Tuduhan ketiga tentang petugas yang tidak menggunakan otoritas mereka untuk keuntungan pribadi ternyata tidak meyakinkan. Laporan OPA diterbitkan awal bulan ini.

Pesan yang meminta komentar dari Seattle Times ke Serikat Petugas Polisi Seattle dan Kantor Akuntabilitas Polisi tidak dikembalikan pada hari Kamis.

Michael Itti, direktur eksekutif Pusat Informasi dan Layanan China, yang meluncurkan program Anti-Kebencian dan Biasnya pada tahun 2020 untuk menangani perilaku atau tindakan anti-Asia, mengatakan Jin "menunjukkan keberanian yang luar biasa" dengan mengajukan pengaduan terhadap Hill. Itti mengaku telah mendengar banyak orang yang terlibat dengan kelompoknya yang senang dengan hasilnya.

"Mereka ingin tahu Kepolisian menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalismenya," kata Itti.

Menurut penyelidikan, setelah mendengar rekaman itu, Hill mengatakan kepada penyelidik, "Kedengarannya seperti saya, ya," tetapi juga mengatakan "Anda tidak boleh mengatakan hal-hal itu ... Dan itu benar - benar membuatku muak karena aku benar-benar mengatakan itu padanya.”