Bagikan:

JAKARTA - Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, kembali mengalami erupsi yang menghasilkan abu vulkanik setinggi lebih kurang tiga kilometer dari puncak gunung berapi aktif tersebut.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Gradita Trihadi, mengatakan letusan itu terjadi Kamis, 20 Juni dini hari pada pukul 00.52 WIT. 

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah barat dan barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi 127 detik," kata Gradita dilansir ANTARA.

Gunung Ibu merupakan gunung api tipe strato dan memiliki ketinggian puncak 1.340 meter di atas permukaan laut yang secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Sejak 16 Mei 2024 sampai hari ini, Gunung Ibu masih berstatus awas atau level IV lantaran aktivitas vulkanik dan kegempaan masih terbilang tinggi.

 

Badan Geologi merekomendasikan masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius empat kilometer dan perluasan sektoral berjarak tujuh kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif.