Gunung Anak Krakatau Erupsi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter
Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi. (Antara-Sigid K)

Bagikan:

JAKARTA - Gunung Anak Krakatau kembali erupsi. Gunung di perairan Selat Sunda, Lampung, yang berbatasan dengan Banten ini, muntahkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter dari atas puncak.

"Terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau pada hari Selasa, 28 Maret 2023, pukul 07:43 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 2.157 m di atas permukaan laut)," demikian dikutip dari laman resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Selasa 28 Maret, disitat Antara.

Kolam abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong kearah timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 65 mm dan durasi kurang lebih 1 menit 58 detik.

Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Andi Suardi, mengimbau masyarakat, nelayan untuk tidak mendekati kawasan gunung anak Krakatau pada radius 5 km.

"Saat ini gunung Anak Krakatau berada pada level III siaga dengan rekomendasi masyarakat, nelayan, pendaki gunung, tidak mendekati gunung dengan radius 5 kilometer," kata Andi saat dihubungi dari Bandar Lampung.