Penanganan COVID-19, Penggunaan Wisma Atlet Lebih Realistis Dibanding Bangun RS Baru
Wisma Atlet Kemayoran. (Foto: Kementerian PUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati memandang langkah pemerintah untuk memfungsikan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, menjadi Rumah Sakit Khusus Corona (COVID-19) lebih realistis daripada membangun Rumah Sakit baru. Menurutnya, Wisma Atlet Kemayoran sudah siap pakai dan memiliki ruangan cukup banyak.

"Namun harus dipastikan bahwa semua ruang steril dan layak untuk ruang perawatan. Dan sebaiknya gedung ini difokuskan untuk perawatan isolasi pasien saja bukan untuk pasien yang sudah berat kondisinya," kata Mufida, dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Minggu 22 Maret.

Politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini menilai, daya tampung RS yang ada saat ini semakin tidak mencukupi dan bercampur dengan pasien lain yang berpotensi memperbesar penularan. Oleh karenanya ia setuju pengalihfungsian Wisma Atlet Kemayoran menjadi RS Khusus COVID-19.

“Sebaiknya hindari menjadikan semua Rumah Sakit menjadi Rumah Sakit Rujukan COVID-19, karena resisten buat pelayanan pasien non COVID-19. Seperti RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta), sebagai Rumah Sakit Nasional rujukan dari semua penyakit, akan lebih baik jika tidak merawat pasien COVID-19,” tegasnya.

Mufida menambahkan, langkah ini perlu didukung dengan ketersediaan sumberdaya tenaga kesehatan (dokter dan perawat) dalam jumlah yang memadai dilengkapi dengan alat kesehatan yang bagus. Dan yang lebih penting adalah perlindungan kepada para pejuang COVID-19.

"Kebutuhan APD (Alat Perlindungan Diri) yang memadai adalah kebutuhan mendasar untuk melindungi teman-teman yang berjuang di garda terdepan ini," ungkapnya.

Legislator dapil DKI Jakarta I itu mengaku, dirinya sudah banyak menerima keluhan tentang stok APD yang menipis dan tidak memadai untuk para tenaga medis. “Bahkan di daerah sudah ada yang berpikir untuk memodifikasi jas hujan sebagai APD, ini sangat memprihatinkan,” kritik Mufida.

Mufida berharap, dengan adanya RS khusus ini, kebutuhan perlindungan dan kecukupan nutrisi untuk tenaga kesehatan bisa lebih terpenuhi. "Karena jika ada tenaga kesehatan yang sakit, maka dia juga harus diistirahatkan dan diisolasi minimal selama 14 hari. Itu artinya tenaga medis yang bisa bertugas akan berkurang," ujarnya.

Kendati begitu, lanjut Mufida, penyiapan RS khusus ini harus dibarengi upaya-upaya pencegahan penularan. "Jangan abaikan penerapan social distancing secara ketat, pembatasan mobilitas, termasuk pilhan karantina parsial pada wilayah tertentu jika memang dibutuhkan," pungkasnya.

Rencana pemanfaatan Wisma Atlet, rinciannya adalah Tower 1 lantai 1 sampai dengan 24 untuk dokter dan tenaga medis. Tower 1 tersedia 650 unit ruangan yang dapat menampung sekitar 1.750 orang.

Kemudian Tower 3 mulai lantai 1 sampai dengan 24 difungsikan sebagai Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19. Di tower ini tersedia 650 unit ruangan dan dapat menampung sekitar 1.750 orang.

Sedangkan Tower 6 mulai lantai 1 sampai dengan 24 difungsikan sebagai rumah sakit darurat dan ruang rawat inap pasien. Pada tower ini tersedia 650 unit ruangan yang dapat menampung sekitar 1.750 pasien. Satu unit ruangan dapat menampung 3 orang pasien.

Untuk Tower 7, akan digunakan untuk beberapa fungsi antara lain lantai 1 untuk IGD, lantai 2 untuk ICU, lantai 3 untuk ruang pemulihan, lantai 4 hingga 24 untuk ruang rawat inap pasien. Di tower ini terdapat 886 unit dan dapat menampung 2.458 pasien.