6 Situs Pelacak Penyebaran COVID-19 Terpercaya
Tangakapan layar peta persebaran COVID-19

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah telah menyediakan situs web untuk memantau penyebaran virus corona atau COVID-19 secara real time. Langkah ini didasari demi tidak adanya hoaks yang bermunculan dengan memanfaatkan COVID-19.

Saat ini jumlah korban meninggal dunia akibat COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 31 orang, yang positif 309 orang dan yang sembuh 15 orang. Untuk itu, agar tidak terjadinya disinformasi maupun mengurangi populasi COVID-19 di Tanah Air dan secara global, berikut VOI rangkum peta online sebagai informasi untuk Anda.

1. Situs COVID-19 Pemprov DKI Jakarta

Lewat situs ini corona.jakarta.go.id Anda bisa mengetahui berbagai informasi penyebaran COVID-19 di DKI Jakarta, tidak hanya itu pemprov juga menyediakan nomor telepon yang dapat dihubungi ketika mengetahui ada orang yang positif COVID-19.

2. Situs COVID-19 Pemprov Jawa Barat

Sama halnya sengan situs web yang disediakan Pemprov DKI Jakarta, situs milik Pemprov Jawa Barat ini juga bisa diakses untuk melihat perkembangan COVID-19 khusus di Jawa Barat, Anda bisa mencobanya dengan mengklik tautan ini pikobar.jabarprov.go.id. Di situs tersebut juga disediakan nomor kontak pemerintah untuk mengetahui informasi seputar COVID-19.

3. Situs COVID-19 Microsoft

Tidak hanya sebagai penyedia sistem operasi, melihat angka pertumbuhan wabah COVID-19, Microsoft berinisiatif  membuat peta interaktif lewat Bing Map yang bisa membantu masyarakat dunia melihat perkembangan COVID-19 dengan hanya mengklik bing.com/covid. Hasil dari peta itu juga memiliki sumber yang terpercaya yakni WHO, CDC, badan kesehatan Eropa ECDC, dan Wikipedia.

4. Situs COVID-19 World Health Organization (WHO)

Sebagai badan kesehatan dunia, WHO juga turut membesut peta penyebaran COVID-19 secara realtime termasuk grafik khusus kasus COVID-19 di seluruh dunia. Anda bisa mengaksesnya di sini experience.arcgis.com.

5. Situs COVID-19 Centers for Disease Control and Prevention (CDC)

Bukan sekadar situs, di sini Anda bisa mendapatkan bagaimana cara pencegahan COVID-19, dan langkah apa yang diambil ketika terjangkit virus tersebut. Dengan mudah, Anda hanya perlu mengklik situs ini cdc.gov

6. Situs COVID-19 Nextstrain

Meski situs ini terbilang agak teknis, namun jika Anda mengakesnya, Anda tidak hanya mendapatkan informasi penyebaran COVID-19 lewat peta, tetapi juga lewat grafik dan informasi tentang bagaimana virus ini menyebar dari Wuhan, China hingga menjadi pandemi global. Klik di sini ya nextstrain.org.