Pimpinan MPR Ingatkan Kemendikbud Siapkan Teknis KBM Tatap Muka Demi Cegah Klaster COVID
Pendidikan luring di pelosok daerah (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan semua sekolah sudah melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka mulai Juli 2021. 

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta, persiapan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah seluruh daerah harus didukung teknis pelaksanaan secara rinci. Terutama, faktor kesehatan lingkungan sekolah, keamanan peserta didik dan pengajar saat berinteraksi dalam proses belajar mengajar.

"Agar kebijakan tersebut tidak menciptakan sekolah sebagai klaster baru penyebaran COVID-19," ujar Lestari dalam keterangan yang diterima, Selasa 16 Maret.



Politikus NasDem itu mengingatkan, kegiatan kembali ke sekolah di masa pandemi COVID-19 jangan sampai membuat segala aturan menjadi longgar. Sehingga sekolah malah menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

Menurut Rerie, rencana pelaksanaan belajar tatap muka di sekolah harus bercermin dari peristiwa munculnya klaster baru di lingkungan pendidikan Kota Tasikmalaya. Di mana belajar di sekolah justru menyebabkan 20 orang positif COVID-19.

Pelaksanaan belajar tatap muka di sekolah, kata dia, tidak hanya membutuhkan kesiapan teknis semata. Namun juga harus harus menyiapkan sarana kesehatan, seperti fasilitas cuci tangan, sabun, masker dan sejumlah fasilitas agar para siswa serta guru selalu dalam jarak aman saat berinteraksi.

"Perlu dipastikan perilaku siswa dan para tenaga pengajar serta staf sekolah lainnya mampu berdisiplin menjalankan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," kata Rerie.

Rerie meminta, para pemangku kepentingan di sekolah juga harus mampu menegakkan standar kesehatan yang ketat di lingkungan sekolah. Agar para pendidik dan peserta didik terhindar paparan virus dari luar lingkungan sekolah. 

"Pelajaran penting bagi Kemendikbud yang berniat membuka sekolah tatap muka pada tahun ajaran baru nanti adalah mengatur secara rinci mengenai standar kesehatan pada penyelenggaraan sekolah tatap muka," tutupnya.