Bagikan:

JAKARTA - Anies Baswedan merespons namanya masuk dalam salah satu usulan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Perjuangan (PDIP) sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

Anies mengaku DPD PDIP DKI Jakarta telah menyampaikan secara langsung terkait namanya masuk dalam daftar 10 nama yang diusulkan kepada Dewan Pimpinan Partai (DPP).

"Sudah, DPW (DPD PDIP DKI Jakarta) sudah menyampaikan kepada saya dan saya sampaikan terima kasih, apresiasi, dan kita liat prosesnya ke depan," kata Anies ditemui di Kantor DPW PKB DKI Jakarta, Kamis, 13 Juni.

Anies mengaku sejumlah pengurus partai tingkat provinsi selain PDIP dan PKB telah mendatanginya untuk membahas peluang pengusungan, termasuk PKS dan Partai NasDem.

Namun, baru PKB DKI Jakarta yang sudah secara resmi mengumumkan dukungannya kepada Anies. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap partai lain segera mengusungnya agar koalisi bisa terbentuk sebelum masa pencalonan ke KPU.

"Mudah-mudahan segera bisa terbentuk koalisinya dari partai-partai lain, sehingga kita bisa berjalan ke bulan Agustus lebih baik," jelas Anies.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan (PDIP) telah mengusulkan sejumlah nama yang menjadi kandidat untuk diusung dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Salah satu nama yang diusulkan PDIP DKI ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring (untuk diusung di Pilgub DKI), termasuk Anies," kata Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Pantas Nainggolan, Selasa, 11 Juni.

Total ada 10 nama bakal cagub-cawagub DKI yang dijaring untuk diserahkan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, Pantas tak mengungkap secara rinci siapa saja nama yang diajukan selain Anies.

Beberapa yang disebut namanya kader PDIP, mulai dari mantan Panglima TNI Andika Perkasa, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Kemudian, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, serta Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Rasyidi. Tak hanya itu, PDIP juga mengusulkan nama di luar kader dalam kadidat Pilgub DKI, yakni Ketua DPD Partai Hanura DKI Jakarta, Djafar Badjeber.