Bagikan:

JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasbiallah Ilyas menegaskan pihaknya menutup pendaftaran calon Gubernur DKI Jakarta jalur partainya.

Sebab, kini DPW PKB DKI telah mantap mendukung Anies Baswedan untuk diusung sebagai calon Gubernur DKI. Jika tokoh lain masih ingin mendaftar ke PKB, posisi yang tersedia hanyalah calon wakil gubernur pendamping Anies.

"Kalau mau mencalonkan, jadi wakil. (Pendaftaran calon Gubernur DKI) sudah tertutup, hanya untuk Anies Rasid Baswedan," kata Hasbi di kantor DPW PKB DKI Jakarta, Jakarta Timur, Rabu, 12 Juni.

Hasbi meyakini ketua umumnya, Muhaimin Iskandar, termasuk jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB merestui usulan pencalonan Anies untuk kembali memimpin Jakarta.

"Insyaallah PKB, dari DPP sampai ranting solid. Insyaallah partai kita itu partai yang sangat menjunjung demokrasi dan dpp itu selalu mengikuti aspirasi dari bawah. Yang penting untuk kepentingan masyarakat," tegasnya.

Hasbi juga menyakini keputusan untuk mendukung Anies tidak akan berubah sampai masa pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sebelumnya, terdapat sejumlah nama yang mendaftar sebagai calon Gubernur DKI Jakarta ke PKB. Namun, PKB DKI memutuskan untuk mengusung Anies setelah rapat kerja desk pilkada DKI Jakarta akhir pekan lalu.

Mantan Gubernur DKI periode 2017-2022 itu sebelumnya juga telah mendaftarkan diri sebagai calon Gubernur DKI ke PKB serta mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang diseleksi oleh Desk Pilkada PKB.

"DPW PKB DKI tidak mungkin saya mengumumkan pencalonan Pak Anies untuk jadi gubernur 2024. Pak Anies sudah UKK, sudah ambil formulir. Alhamdulilah, sudah selesai semua itu," imbuh Hasbi.