Bagikan:

JAKARTA - Polisi berhasil mengidentifikasi akun Facebook bernama Icha Shakila dimiliki dan dikelola wanita berinisial S dalam kasus ibu cabuli anak. Namun, akun itu diretas dan diduplikasi memakai data dari pemilik akun Facebook Icha Shakila.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, peretasan dan duplikasi dilakukan orang tak dikenal (OTK) berinsisial M. Menurutnya, S menjadi korban kejahatan siber.

“Bahwa benar saudari S memiliki akun Facebook atas nama Icha Shakila, namun URL link akun berbeda dengan URL link akun Facebook hasil digital forensik, namun menggunakan foto orang yang sama. Diduga pelaku menduplikasi Akun Facebook milik saudari S untuk melakukan kejahatan,” kata Ade dalam keterangannya, Minggu, 9 Juni.

Ade mengungkapkan S awalnya berkenalan dengan M lewat Facebook. S kemudian dijanjikan mendapat bayaran cukup besar jika menuruti perintah M.

"Sekitar September 2021 pemilik akun Facebook Icha Shakila dikirimi pesan oleh orang yang tidak dikenal bernama M. Mulanya diperintahkan untuk mengirimi foto setengah badan dengan memegang KTP,” ujarnya.

Lantaran terbuai dengan iming-iming M, S mengirim foto hingga video tidak senonoh dirinya.

“Kemudian pemilik akun Facebook Icha Shakila diminta untuk mengirimkan video membuka semua pakaiannya (dan dituruti oleh pemilik akun FB Icha Shakila),” sambungnya.

S masih lewat akun FB yang dimilikinya Icha Shakila kemudian diminta untuk mengirimkan rekaman video dirinya sedang berhubungan badan. Namun, permintaan terkait konten pornografi itu ditolaknya.

Penolakan itu ditanggapi M dengan mengancam jika tak menuruti perintahnya maka foto dan video yang pernah dikirim S akan disebar.

S tetap kekeuh dengan penolakannya. Dari sana lah, video S membuka semua pakaiannya disebar ke suami dan teman-teman akun Facebook Icha Shakila.

"Setelah pemilik akun Facebook Icha Shakila tidak menuruti perintah, pemilik akun Facebook M sempat mengirimkan video saat membuka semua pakaian milik pemilik akun Facebook Icha Shakila ke suami dan teman-temannya," ucap Ade.

Saat ini kepolisian masih terus mengejar M pengelola akun FB Icha Shakila imitasi yang menduplikasi akun FB punya S.