Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PKB, Luqman Hakim percaya Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas sanggup menyelesaikan masalah lahan Gereja HKI Juanda yang terancam 'hilang' lantaran berada di dalam rencana pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Kata Luqman, selama ini Menag Yaqut selalu memberi perhatian serius terhadap masalah-masalah pembangunan rumah ibadah, termasuk gereja.

"Sebagai anggota Komisi VIII, saya percaya Menteri Agama Gus Yaqut punya perhatian serius pada masalah-masalah menyangkut pembangunan rumah ibadah," ujar Luqman saat dihubungi, Jumat, 7 Juni.

Kader GP Ansor itu memastikan, Menang Yaqut akan menyelesaikan masalah bangunan Gereja HKI Juanda yang berdiri di atas lahan kampus III itu. Namun ia belum bisa memprediksi kebijakan yang bakal diambil oleh Menag.

"Saya bisa pastikan Gus Yaqut sudah punya rencana penyelesaian kongkret terhadap masalah Gereja HKI Juanda ini. Detailnya seperti apa, silakan konfirmasi langsung ke Gus Men Yaqut," kata Luqman.

Yang jelas, lanjut Luqman, Komisi VIII DPR yang membidangi keagamaan dan bermitra dengan Kementerian Agama memastikan terus memantau dan melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait. Agar, kata dia, jemaat Gereja HKI Juanda, Depok yang sudah berusia 9 tahun, bisa tetap melakukan peribadatan.

"Meski belum ada rapat resmi Komisi VIII mengenai masalah ini, tapi saya pastikan pimpinan dan anggota Komisi VIII punya konsern dan telah melalukan komunikasi kepada para pihak, terutama Kemenag agar masalah ini dapat diselesaikan dengan baik," kata legislator dapil Jawa Tengah itu.