Bagikan:

JAKARTA - Jaksa Swedia menangkap dua orang yang dicurigai terlibat dalam pembunuhan artis hip hop C.Gambino, kata kantor kejaksaan.

C.Gambino, yang sedang menyembunyikan identitasnya dan mengenakan masker di depan umum, ditembak mati di garasi parkir pada Selasa, 4 Juni malam dalam dugaan serangan terkait geng di Gothenburg di pantai barat negara Nordik.

“Jaksa telah menangkap dua orang dengan dugaan membantu dan bersekongkol dalam pembunuhan tersebut,” kata Otoritas Penuntut Swedia dalam pernyataan dilansir Reuters, Jumat, 7 Juni.

Swedia diketahu berjuang selama bertahun-tahun untuk membendung kekerasan yang terkait dengan kejahatan terorganisir. Penembakan mematikan di negara berpenduduk 10 juta jiwa ini telah meningkat tiga kali lipat dalam satu dekade terakhir dan secara signifikan melebihi jumlah yang terjadi di negara-negara tetangga.

C.Gambino, yang menurut jaksa berusia sekitar 25 tahun, memiliki hampir 1 juta pendengar bulanan di layanan streaming Spotify sebelum pembunuhannya.

Bulan lalu C.Gambino memenangkan penghargaan musik Grammis Swedia untuk artis hip-hop Swedia tahun 2023.

Pada Jumat, 7 Juni menurut Spotify, C.Gambino adalah artis yang paling banyak diputar di Swedia pada platform tersebut dalam 24 jam terakhir, dan tingkat pendengar bulanannya mencapai 1,2 juta. Mendiang rapper ini berbeda dengan artis Amerika Childish Gambino.