Bagikan:

TANGERANG - Satu Jamaah calon Haji berasal dari Tangerang Selatan (Tangsel) bernama Amarto Abdullah Samin dinyatakan meninggal dunia di RS King Faisal Makkah, Arab Saudi. Korban meninggal dunia diduga karena sakit.

Kasie Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Tangsel, Rizki Waludin membenarkan informasi tersebut. Peristiwa itu terjadi pada Senjn, 3 Juni, sekiranya pukul 11.00 waktu setempat.

“Benar, satu pasien dinyatakan meninggal dunia,” kata Rizki saat dikonfirmasi, Rabu, 5 Juni.

Rizki menjelaskan kejadian itu bermula saat calon haji Amarto tiba-tiba pingsan di kamarnya. Atas dasar itu perawat yang berjaga di lokasi melakukan pengecekan pada tubuh korban.

“Perawat langsung menuju kamar. Saat masuk ke kamar didapatkan jamaah tidak ada respon,” katanya.

Selanjutnya korban dilakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) oleh tim dokter untuk mengembalikan fungsi sirkulasi dan pernapasan pada pasien.

“Dokter dan perawat lain datang kemudian bergantian RJP, mencari akses iv line dan telpon TEMS (percepatan latanan kesehatan),” ujarnya.

Saat ambulans tiba di lokasi, korban langsung dilarikan ke RS King Faisal, Makkah. Ia menyebut dalam perjalanan dilakukan kembali tindakan RJP dan Laryngeal mask airway (LMA) atau alat bantu nafas supraglostis.

“Pukul 11.13 waktu setempat, (pasien) tiba di IGD RSAS, resusitasi dilanjutkan oleh tim IGD RS King Faisal,” ujarnya.

Namun sayang pada pukul 11.38 WIB, tim Dokter United Gawat Darurat (UGD) RS King Faisal Makkah menyatakan calon haji asal Tangsel itu meninggal dunia.

“Pasien dinyatakan meninggal oleh doker IGD,” ujarnya.