Bagikan:

SUMBAR - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatra Barat (Sumbar) Asnawi memerintahkan seluruh pimpinan Kejaksaan Negeri (Kejari) di Sumbar agar menerapkan pola hidup sederhana.

Hal itu dikatakan Asnawi saat melantik dan melakukan serah terima jabatan enam kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) di lingkup Kejati Sumbar, di Padang, Senin 3 Juni.

"Di samping melakukan penegakan hukum di daerah masing-masing, para kepala Kejaksaan Negeri juga tetap menerapkan pola hidup sederhana," kata Asnawi usia pelantikan tersebut, disitat Antara. 

Ia mengatakan, perintah tersebut sesuai dengan perintah Jaksa Agung RI yang tertuang dalam Instruksi Jaksa Agung RI Nomor 2 tahun 2020 tentang penerapan pola hidup sederhana.

Merujuk pada aturan tersebut, kata Asnawi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni menghindari gaya hidup yang konsumtif di tengah masyarakat.

"Pimpinan Kejari beserta jajaran jangan membeli, memakai atau memamerkan barang-barang mewah demi menghindari timbulnya kesenjangan dan kecemburuan sosial," ujarnya.

Ia menegaskan insan Adhyaksa harus bisa menyelaraskan sikap serta perilaku sesuai dengan norma serta adat istiadat yang ada di wilayah kerja masing-masing.

"Sikap sederhana insan Adhyaksa dengan sendirinya akan membangun integritas sebagai seorang penegak hukum," ujarnya.

Selain itu, Asnawi juga meminta jajaran Kejaksaan agar menghindari tempat-tempat tertentu yang dapat merendahkan martabat serta kehormatan institusi Kejaksaan.

Ia mengingatkan jajaran Kejaksaan yang ada di Sumbar agar tidak "main-main" dalam melaksanakan tugas, apalagi melanggar ketentuan hukum.

"Komitmen dari Jaksa Agung RI sudah jelas, apabila ada bawahan yang melanggar peraturan dan ketentuan akan ditindak tegas serta dipidanakan," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Asnawi melantik enam kepala Kejari yang baru yakni Kajari Padang, Bukittinggi, Dhamasraya, Sijunjung, Pesisr Selatan, dan Tanah Datar.

Kajari Padang kini dijabat oleh Aliansyah, Kajari Bukittinggi Djamaluddin, dan Kajari Dhamasraya Ariana Juliastuty, Kajari Sijunjung Rina Idawani, Kajari Pesisir Selatan Jafli dan Kajari Tanah Datar Anggota T Pardede,

Kajari Padang yang lama M Fatria selanjutnya akan bertugas sebagai Kepala Subdirektorat Pertahanan dan Keamanan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung RI.

Selain para Kajari, pada kesempatan itu juga dilantik dua Asisten Kejati Sumbar yaitu Asisten Perdatam dan Tata Usaha Negara dijabat oleh Futin Helena Laoli, dan Asisten Pengawasan Hari Wibowo.