Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan MPR bakal menemui Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo, hingga Presiden Terpilih Prabowo Subianto usai bertemu Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Selasa, 28 Mei.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, pihaknya akan berkirim surat kepada Presiden Jokowi dan Megawati untuk mengadakan pertemuan. Begitupun dengan Prabowo Subianto selaku presiden terpilih.

"Kita juga kirim surat ke Pak Jokowi mungkin dalam waktu dekat. Harapan kita setelah Pak SBY, Pak Jokowi, lalu Bu Mega, lalu ke Prabowo," ujar Bamsoet, Rabu, 29 Mei. 

Selanjutnya, pimpinan MPR juga berencana bertemu dengan sejumlah ketua organisasi keagamaan, yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

"Di samping dalam periode ini ke ketum parpol dan ketum organisasi keagamaan kayak NU Muhammadiyah dan lain-lain," kata Bamsoet. 

Selain itu, Bamsoet menyebut, pimpinan MPR juga bakal menemui sejumlah elite partai politik. Seperti Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Mardiono serta mantan Ketua MPR RI Amien Rais.

Hanya saja, kata Bamsoet, agenda pertemuan itu masih menunggu respons dari sejumlah pihak. Termasuk pihak yang akan ditemui.

"Yang pasti dalam waktu dekat ini ke Amien Rais lalu kemudian ke Surya Paloh sebagai Ketua Umum NasDem. Kita menunggu respon Golkar, ketum saya (Airlangga Hartarto), kita nunggu dari PPP, dari PAN," ungkap Bamsoet. 

Bamsoet mengatakan, sejauh ini Ketum NasDem Surya Paloh sudah memberikan respons. Sedangkan untuk Presiden ke-5 RI sekaligus Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri, MPR masih menunggu kepastian waktu untuk bertemu.

"Tapi yang udah respon dari ketum parpol itu Pak Surya Paloh. (Kalau Bu Mega), menurut Basarah (Ketua DPP PDI-P) sesudah dijadwalkan mungkin bulan depan, mungkin ya tapi belum tahu, belum dapat kepastiannya," ucap Bamsoet.

"Tapi sudah sampai suratnya dan Pak Basarah bilang sudah dijadwalkan tapi belum tahu waktunya, Beliau oke," tambahnya. 

Sebelumnya, sejumlah pimpinan MPR bertemu dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam rangka Silaturahmi Kebangsaan di Cikeas, Selasa, 28 Mei.