Bagikan:

JAKARTA - Biduan Nayunda Nabila Nizrinah mengaku pernah dibelikan kalung emas oleh Muhammad Hatta, anak buah Syahrul Yasin Limpo (SYL) ketika menjabat Menteri Pertanian (Mentan).

Pengakuan pedangdut itu disampaikan saat dicecar oleh Hakim Ketua Rianto Adam Pontoh soal ada atau tidaknya pemberian dari para terdakwa yakni, SYL, Kasdi Subagyono, dan Muhammad Hatta.

"Saudara pernah nggak dibelikan kalung emas?" tanya Hakim Rianto dalam persidangan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei.

"Oh iya pernah," jawab Nayunda.

Nayunda menjelaskan kalung emas tersebut didapat ketika dirinya menerima bingkisan dari Muhammad Hatta.

Kalung emas itu tersimpan didalamnya. Selain itu, ada beberapa barang lainnya tapi tak dijelaskan secara rinci.

"Itu jadi sekalian Yang Mulia, jadi di tas itu ada, di paper bag itu ada kalungnya juga, begitu," ungkap Nayunda.

Mendengar kesaksian itu, hakim memastikan pihak yang memberikan kalung emas itu. Nayunda menegaskan bila Muhammad Hatta yang menyerahkan kepadanya.

"Oh kalung emas diserahkan oleh M. Hatta?" tanya Hakim Rianto.

"Iya," kata Nayunda.

Dalam perkara ini, SYL didakwa memeras anak buahnya serta menerima gratifikasi mencapai Rp 44,5 miliar selama menduduki posisi sebagai mentan. Uang puluhan miliar ini dipakai untuk kepentingan pribadi SYL serta keluarganya.

Beberapa di antaranya yang terungkap untuk kado undangan, Partai Nasdem, acara keagamaan, carter pesawat, bantuan bencana alam, keperluan ke luar negeri, umrah, hingga kurban.