Pekan Depan Ketum KASBI Bakal Diperiksa soal Demo Buruh
Polda Metro Jaya (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya akan memeriksa Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh (KASBI), Nining Elitos pada pekan depan. Pemeriksaan ini berkaitan dengan dugaan pelanggaran protokol kesehatan dari aksi demo buruh di Patung Kuda, beberapa waktu lalu.

Pemeriksaan Nining berdasarkan adanya laporan polisi dengan nomor LP/235/III/YAN.2.5/2021/SPKT PMJ, tertanggal 9 Maret 2021. 

"Memang ada undangan klarifikasi terhadap saudari NE hari Senin (15 Maret) nanti, untuk kita klarifikasi, untuk kita mintai keterangan yang bersangkutan mengenai dugaan tindakan pelanggaran protokol kesehatan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat, 12 Maret

Pemeriksaan terhadap Nining Elitos dikarenakan saat aksi demonstrasi itu dia merupakan koordinator lapangan (korlap). Tim penyelidik nantinya bakal mengklarifikasi izin aksi.

"Iya pemberitahuannya (aksi demo) ke Depnaker dan DPR tapi pelaksanaan di Patung kuda dia mau long march ke arah Istana Negara," kata Yusri.

Nining Elitos dilaporkan dengan Pasal 169 KUHP dan atau Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 93 UU RI Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 216 KUHP dan atau Pasal 55 ayat 1 KUHP.