Bagikan:

YOGYAKARTA - Liburan ke luar negara bakal sekejap bisa jadi berantakan apabila paspor kalian hilang di situ. Sementara itu, dokumen tersebut sangat penting untuk wisatawan asing yang lagi berkunjung ke suatu negeri. Kali ini kita akan membahas apa yang harus dilakukan saat paspor hilang di luar negeri, simak sampai selesai, ya!

Yang membuat jengkel tentu saja sebab kalian mesti lekas mengurusnya secara birokrasi di tengah liburan kalian. Bencana paspor hilang bisa saja sebab paspor kalian tertinggal ataupun dicuri orang lain.

Beberapa rencana ekspedisi boleh jadi batal sebab urusan paspor hilang ini. Berikut tips yang perlu disimak bila paspor kalian hilang di luar negeri, seperti dilansir berbagai sumber.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Paspor Hilang di Luar Negeri

I. Tenangkan Diri

Perihal pertama yang perlu dilakukan yaitu senantiasa tenang serta menjernihkan pikiran. Walaupun kehilangan paspor dapat membuat stress, namun panik tidak bakal menolong. Menenangkan diri merupakan langkah awal buat mencari pemecahan dari permasalahan ini.

II. Laporkan Kehilangan ke Polisi

Langkah berikutnya yaitu melapor ke kantor polisi setempat. Baik itu sebab paspor tertinggal ataupun dicuri, memberi tahu kehilangan paspor sangat penting. Polisi bakal memberikan formulir yang perlu diisi dengan informasi diri serta kronologi kejadian kehilangan paspor.

III. Hubungi dan Datangi KBRI/ Konsulat Jenderal

Sehabis melapor ke kantor polisi serta mengisi informasi secara lengkap, kalian dapat mendatangi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Saat di kantor polisi, kalian pula dapat sambil menghubungi KBRI. Setelah itu datangi KBRI.

IV. Persiapkan Persyaratan untuk SPLP

Pihak KBRI bakal memberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP), yang gunanya selaku paspor sedangkan buat kalian yang kehilangan paspor. Buat mendapatkan SPLP kalian wajib penuhi persyaratan yang diminta KBRI.

Persyaratannya antara lain, sertakan KTP, akte kelahiran, akte perkawinan, serta kartu keluarga. Serahkan pula surat keterangan kehilangan dari kantor polisi tempat kalian melapor sebelumnya. Yang ketiga yaitu kopian ataupun fotokopi paspor bila ada. Keempat yakni formulir permohonan SPLP yang sudah diisi serta ditandatangani.

Kemudian yang kelima, sertakan 2 buah pas foto ukuran paspor dengan latar belakang berwarna cerah. Terakhir, membayar biaya pembuatan SPLP, di mana di beberapa negara diresmikan dengan harga USD5 ataupun sekitar Rp55 ribu-an.

Saat ke KBRI, kalian perlu membawa seluruh persyaratan tersebut buat pengajuan SPLP. Prosesnya bergantung KBRI, bisa satu hari selesai, dapat pula hingga beberapa minggu. Proses penerbitan SPLP bakal memakan waktu lama bila travelers tidak dapat menunjukkan kartu identitas serta status kewarganegaraan.

V. Urus Paspor Baru Setelah Kembali ke Indonesia

Sehabis memperoleh SPLP serta kembali ke Indonesia, lekas laporkan kehilangan paspor serta SPLP tersebut ke kantor Imigrasi terdekat. Manfaatkan peluang ini buat mengurus paspor baru. Jangan tunda-tunda proses ini, supaya kalian bisa mempunyai paspor baru sesegera mungkin.

VI. Lapor Diri saat Tiba di Negara Tujuan

Bila perjalananmu ke luar negeri lebih dari seminggu, hendaknya lapor diri saat datang di negeri tujuan ke KBRI setempat. Ini bakal menolong perwakilan Indonesia di situ mengestimasi serta memberikan bantuan bila terjadi permasalahan sepanjang ekspedisi.

VII. Tindakan Pemulihan

Perhatikan aksi pemulihan yang dianjurkan oleh KBRI ataupun Konsulat Jenderal setempat. Mereka bisa memberikan bantuan serta informasi yang dibutuhkan buat menolong menanggulangi situasi yang disebabkan oleh kehilangan paspor.

Ingatlah, kehilangan paspor bukan berarti liburan mesti berantakan. Dengan tetap tenang serta menjajaki langkah-langkah di atas, kalian bisa menanggulangi permasalahan ini dengan efektif serta melanjutkan liburanmu tanpa terlalu banyak hambatan. Senantiasa cek informasi terkini dari KBRI ataupun Konsulat Jenderal buat memperoleh panduan yang akurat serta up-to-date.

Bicara soal paspor ternyata “Akademisi Kritik Rencana Desain Baru Paspor, Pertanyakan Keamanan Paspor Lama”.

Jadi setelah mengetahui apa yang harus dilakukan saat paspor hilang di luar negeri, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!