Bupati Aceh Barat: Pemuda Panca Marga Wajib Jaga Ideologi Pancasila
Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS. (Teuku Dedi Iskandar/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS menyatakan organisasi Pemuda Panca Marga (PPM) di kabupaten itu wajib menjaga dan melindungi ideologi Pancasila dan UUD 1945 sebagai falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tugas utama Pemuda Panca Marga ini adalah menjaga ideologi Pancasila dan UUD 1945 di tengah perkembangan zaman teknologi sekarang ini,” kata Ramli MS di Meulaboh, dilansir Antara, Jumat, 12 Maret.

Penegasan tersebut ia sampaikan seusai menghadiri pelantikan Pengurus Cabang Pemuda Panca Marga (PPM) Aceh Barat masa bakti 2021-2026 di Aula Makodim 0105 Aceh Barat.

Ramli MS juga menegaskan organisasi Pemuda Panca Marga harus siap dalam menghadapi perkembangan zaman saat ini.

Menurutnya, saat ini ideologi Pancasila saat ini sedang dirusak oleh pihak yang tidak menginginkan persatuan dan kesatuan bangsa di Tanah Air.

Untuk itu ia berharap kehadiran organisasi kepemudaan tersebut harus mampu merawat serta membina masyarakat, dalam mengamalkan ideologi Pancasila demi menjaga persatuan bangsa dan negara.

“Kita perlu membangun dan menambah wawasan kebangsaan pada masyarakat khususnya di Kabupaten Aceh Barat, agar rakyat terjaga dari ideologi yang bertentangan dengan Pancasila,” kata Ramli MS menegaskan.

Selama ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memfokuskan pembangunan yang di awali dari desa sampai ke kota, menegakkan syariat islam, serta memberantas kemaksiatan semata-mata hanya untuk menjalankan nilai-nilai Pancasila, ujarnya.

Selain itu, pemerintah daerah setempat sedang menyelesaikan jalan ringroad yang menghubungkan 9 Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat.

Hal ini merupakan usaha pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat yang ada di pelosok dalam rangka menunjang ketahanan nasional, ungkapnya.

Selain itu, Pemkab Aceh Barat telah berhasil membentuk kampung muslimin yang bertujuan untuk membina masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan Islam, menambah wawasan kebangsaan, serta melakukan pengembangan terhadap potensi ekonomi rakyat.

“Kampung muslimin ini di bentuk untuk menyikapi permasalahan ideologi yang saat ini banyak menimpa generasi muda,” kata Ramli menegaskan.

Ramli berharap para pengurus Pemuda Panca Marga di Aceh Barat juga dituntut harus mempunyai akhlak dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Pancasila jangan hanya hafal, namun harus dipahami serta diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.