Bagikan:

JAKARTA - Pengelola destinasi wisata di China memutuskan untuk menghentikan sementara penjualan tiket masuk, untuk melakukan evaluasi setelah sekelompok wisatawan terjebak di tebing gunung karena padatnya pengunjung.

Awal bulan ini, sekelompok wisatawan yang mendaki Gunung Yandang di China timur terjebak di tengah tebing, berpegangan pada tali di sepanjang rute pendakian yang tetap, selama lebih dari satu jam.

Gambar para pendaki bergelantungan di sisi tebing sambil menunggu orang lain berjalan di sepanjang via ferrata, anak tangga logam yang dipasang ke gunung, menjadi viral di media sosial Tiongkok.

"Ini menakutkan! Orang sepertiku yang takut ketinggian mungkin akan mengompol di sana!" tulis seorang komentator online Tiongkok, melansir CNN 7 Mei.

"Saya bahkan tidak akan pergi meskipun saya ditawari uang tunai untuk melakukan ini," kata yang lain.

Komentator lain menanyakan apa yang akan terjadi jika salah satu pendaki terjatuh dan perlu diselamatkan, kendati semuanya terlihat mengenakan helm, tali pengaman, dan perlengkapan keselamatan.

Wenzhou Dingcheng Sports Development Co., Ltd, yang mengelola via ferrata, mengatakan, pihaknya tidak memperkirakan tingginya antusiasme orang-orang untuk mendaki gunung tersebut.

"Karena kesalahan kami dalam menilai berapa banyak pelanggan yang akan datang, kurangnya pengendalian lalu lintas yang efektif seperti sistem reservasi tiket dan kekurangan dalam manajemen di lokasi, pelanggan tertahan dan terjebak di jalur pendakian," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan menambahkan, mereka menghentikan sementara penjualan tiket untuk menangani situasi ini secara internal, berencana meluncurkan sistem kontrol lalu lintas bagi pengunjung di masa depan.

Diketahui, minggu pertama Bulan Mei adalah hari libur Hari Buruh di Tiongkok, yang berkontribusi terhadap banyaknya wisatawan di daerah tersebut.

Gunung Yandang sendiri terletak sekitar 410 kilometer (255 mil) selatan Shanghai, di Provinsi Zhejiang. Gunung tersebut memiliki tinggi sekitar 1.150 meter (3.773 kaki).

Menjadi salah satu situs populer bagi wisatawan di Tiongkok, Gunung Yandang diajukan untuk masuki daftar situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2001 dan tetap berada dalam daftar tentatif