Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membekali petugas awak kapal negara patroli dengan keterampilan menembak.

"Peningkatan keterampilan menembak adalah kompetensi yang diperlukan oleh Awak Kapal Negara Patroli KPLP, karena pada keahlian tersebut memerlukan proses energi seseorang serta menentukan tindakan dengan tingkat emosional yang stabil," kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Jon Kenedi dalam keterangan tertulis, Selasa 21 Mei, disitat Antara.

Saat membuka acara 'Bimbingan Teknis Keterampilan Menembak Bagi Awak Kapal Negara Patroli KPLP', dia mengatakan pelatihan keterampilan menembak dibimbing oleh para instruktur dengan melalui prosedur-prosedur tetap yang juga untuk meningkatkan wawasan tentang pengendalian diri, tidak emosional dan selalu waspada dalam bertindak, serta memperbaharui tentang tata cara merawat dan menyimpan senjata api dinas.

Kegiatan Bimbingan Teknis tersebut dibimbing oleh para instruktur dari Pusat Pendidikan Polisi Air dan Udara, Pondok Dayung, Tanjung Priok. Peserta yang hadir terdiri dari Awak Kapal Negara Patroli KPLP yang telah mengikuti Familiarisasi Senjata Api Dinas (SB2-V2) Tahun 2023 di PT. Pindad (Persero) Bandung yang berjumlah 36 orang.

Awak Kapal Negara Patroli KPLP dalam menjalankan tugas di lapangan, melakukan pengawasan keamanan serta keselamatan dunia pelayaran, telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 111 Tahun 2017 tentang Tata Kelola Senjata Api Dinas di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Lebih lanjut Jon Kenedi mengatakan bahwa kegiatan Bimtek ini dapat melatih kedisiplinan, ketenangan, kesabaran dan fokus, untuk menentukan suatu keputusan yang tepat.

Oleh karena itu, disampaikan kepada peserta agar menggunakan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran dengan sebaik-baiknya, sehingga tidak ketinggalan ilmu pengetahuan tentang tata cara teknik membidik dan menembak, serta merawat dan menyimpan senjata api dinas dengan benar.

"Besar harapan saya, dengan adanya kegiatan keterampilan menembak ini, Awak Kapal Negara Patroli KPLP menjadi lebih percaya diri dalam melaksanakan tugas dilapangan, yaitu melakukan pengawasan keamanan dan keselamatan pada alur Pelayaran," kata Jon Kenedi.