Kabar Baik! Speed Boat Berpenumpang Anggota DPR yang Hilang di Jayapura Akhirnya Ditemukan
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kapal patroli KPLP KP.339 berhasil menemukan speed boat dengan penumpang anggota DPR Papua, Yonas Nussy bersama timnya berjumlah 8 orang yang sempat hilang kontak komunikasi.

"Rombongan tersebut telah dievakuasi dengan selamat dan saat ini bersama KNP. 339 KSOP Jayapura menuju Pelabuhan Serui," kata Komandan Kapal Patroli KPLP Capt. Nellce Harewan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin 18 Juli dinukil dari Antara.

Sabtu 16 Juli sekitar pukul 23.30, KSOP Jayapura menerima laporan dari koordinator lapangan wilayah 1 klasis Jayapura/Port Numbay GKI Tanah Papua Rando Rudamaga mengenai hilangnya kontak komunikasi dengan speed boat yang mengantar anggota DPR Papua, Yonas Nussy bersama timnya yang berjumlah 8 orang.

Speed boat dilaporkan keluar dari Pelabuhan Jayapura pada Sabtu, tanggal 16 Juli 2022 dini hari pukul 02.00 WIT dan pada pagi diperkirakan akan masuk Sarmi dan menuju Pelabuhan Waren.

Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Plt KSOP Jayapura dengan mengerahkan Kapal Patroli Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai/KPLP KNP. 339 dari Pelabuhan Waren menyisir perairan Yapen dan Mamberamo.

Plt. Kepala KSOP Jayapura Willem Thobias Fofid mengkonfirmasikan berita tersebut dan menyampaikan bahwa setelah mendapat laporan dari korlap wilayah 1 klasis Jayapura langsung mengirim berita Informasi Urgensi melalui pesan whatsapp kepada kantor KSOP Sorong, KSOP Biak, KSOP Manokwari, Unit Penyelenggara Pelabuhan/UPP Serui, UPP Sarmi, UPP Korido, UPP Wasior, UPP Nabire, Para Komandan Kapal Patroli KPLP, Distrik Navigasi dan Stasiun Radio Pantai Jayapura dan Biak termasuk Kantor SAR Jayapura, Kantor SAR Biak dan Kantor SAR Sorong.

Capt. Nellce Harewan dan crew yang sedang bertugas patroli pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran di Pelabuhan Waren selama penyelenggaraan Sidang Sinode GKI langsung merespon dengan melakukan pelayaran menyisir perairan Waren dan Yapen dan berhasil menemukan speed boat tersebut.

Speed boat yang dinyatakan hilang telah ditemukan pada pukul 16:00 WIT, posisi L.01' 53,66 S/137'03,52 posisi speed boat di Tanjung Dombo Poiwai, pada Minggu 17 Juli 2022, Pukul 16.15 L 01'52,10 S/ bujur 137'05,08 E.

Kepala UPP Serui, Fathoni membenarkan informasi tersebut kepada awak media menyatakan bahwa, berita dan informasi urgensi yang dikirim oleh KSOP Jayapura telah diterima oleh pihaknya.

“Untuk itu kami anggota KPLP UPP Serui dan KPLP KSOP Jayapura bersama melakukan penyisiran menggunakan Kapal Patroli KNP.339, para penumpang langsung di evakuasi ke Serui untuk diserahkan kembali ke keluarga," kata Fathoni.