Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah terus berkomitmen dan bekerja keras dalam memberantas kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam akun media sosial X @jokowi, menyikapi penurunan angka kemiskinan ekstrem yang dirilis Bank Dunia.

"Pemerintah terus berkomitmen dan bekerja keras untuk memberantas kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar Jokowi sebagaimana diunggah dalam media sosial X @jokowi, yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu.

Jokowi mengatakan, menurut Country Director World Bank Indonesia, Indonesia dapat dikatakan telah mencapai pemberantasan kemiskinan ekstrim ketika angkanya mencapai 1,5 persen di 2022.

Sementara data Bank Dunia dan Badan Pusat Statistik (BPS), kata dia, memperlihatkan angka kemiskinan ekstrem Indonesia terus turun hingga mencapai 1,12 persen di 2023.

Upaya penghapusan kemiskinan ekstrem dilakukan melalui Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE).

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) melaporkan, kementerian/lembaga (K/L) yang sudah memahami pedoman umum pelaksanaan Program PPKE tahun 2023 mencapai 65 persen.