Bagikan:

MEULABOH - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat mencatat 14 desa tersebar di empat kecamatan terendam banjir dengan ketinggian air berkisar 20 hingga 30 centimeter akibat hujan deras.

“Penyebab banjir yang merendam 14 desa ini akibat meluapnya aliran sungai setelah daerah ini diguyur hujan lebat,” kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Aceh Barat Jamal Mirda didampingi Kabid Kedaruratan Teuku Ronal dilansir ANTARA, Senin, 13 Mei.

Desa-desa yang terendam banjir di Kabupaten Aceh Barat, di antaranya tujuh desa di Kecamatan Woyla Barat meliputi Desa (Gampong) Napai, Desa Blang Cot Mameh, Desa Ie Itam Baroh, Desa Aue Leuhob, Desa Pasie Malee, Desa Lhok Malee, serta Desa Blang Luah.

Banjir juga merendam tiga desa di Kecamatan Woyla Induk, yaitu Desa Suak Trieng, Desa Cot Lagan, dan Desa Cot Murong.

Banjir turut merendam tiga desa di Kecamatan Woyla Timur meliputi Desa Blang Lhung, Alue Siralen, Desa Tuwie Empeuk, serta Desa Alue Lhok, Kecamatan Bubon.

Jamal Mirda mengatakan banjir tersebut menyebabkan aktivitas masyarakat di 14 desa tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Aceh Barat terganggu sepanjang hari ini.

Bencana alam ini terjadi akibat derasnya curah hujan yang terjadi selama beberapa hari belakangan ini, sehingga menyebabkan meluapnya aliran sungai dan berdampak pada pemukiman dan aktivitas warga.

Ia menyebutkan sejauh ini belum ada laporan jatuhnya korban jiwa di masyarakat Kabupaten Aceh Barat, akibat banjir yang terjadi di daerah tersebut.

BPBD Aceh Barat terus menyiagakan petugas untuk melakukan pemantauan dan penanganan terhadap warga terdampak bencana tersebut.