Bagikan:

JAKARTA -Dua penumpang dan seorang pilot selamat setelah pesawat kecil terpaksa mendarat tanpa roda pendaratan menyusul kerusakan mekanis di Bandara Newcastle di New South Wales, Australia.

Pesawat Beach B-200 Super King mengitari bandara selama berjam-jam sebelum melakukan pendaratan darurat, afiliasi CNN, Nine News melaporkan, Senin, 13 Mei.

Rekaman menunjukkan pesawat mendekati landasan pacu tanpa mengaktifkan roda pendaratan sebelum mendarat dan tergelincir di sepanjang landasan hingga berhenti.

Kondisi tanggap darurat dalam keadaan siaga dan terlihat dalam video petugas bergerak cepat.

Inspektur Wayne Humphrey dari kepolisian NSW memuji pilot berusia 53 tahun tersebut karena berhasil melakukan pendaratan, dengan mengatakan tidak ada yang terluka dan para penumpang bahkan dapat pulang ke rumah, Nine News melaporkan.

“Ini adalah hasil yang luar biasa, dilakukan dengan sangat baik oleh sang pilot,” kata Humphrey. “Saya bisa mendengarnya saat siaran, dia terdengar sangat tenang bagi saya.”

Pesawat mengitari bandara selama beberapa jam untuk menghabiskan bahan bakar.

Mereka yang memandu pesawat di ruang kendali langsung bertepuk tangan ketika mereka melihatnya mendarat dengan selamat, kata Humphrey.

Pesawat itu dijadwalkan melakukan penerbangan selama 26 menit dari Newcastle ke Port Macquarie, sekitar 400 kilometer (248 mil) utara Sydney.