Kronologi Pesawat Jetstar Dilarang Mendarat di Bali 27 Desember 2022
Kronologi Pesawat Jetstar Dilarang Mendarat di Bali

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baru-baru ini jagat maya tengah dihebohkan oleh sebuah pesawat yang terbang dari Melbourne, Australia yang dilarang untuk mendarat di Bali. Seperti apa kronologi pesawat Jetstar dilarang mendarat di Bali tersebut? Bagaimana kronologinya?

Kejadian itu ramai diinfokan oleh media-media internasional seperti SkySports dan Newscom.au. 

Dilaporkan, penerbangan dengan nomor JQ35 telah berada di atas Laut Timor dekat Broome dan akan mulai turun ke Bali pada Selasa, 27 Desember 2022. Namun, pendaratan pesawat itu dicegah oleh pihak  Kewenangan Indonesia.

Kronologi Pesawat Jetstar Dilarang Mendarat di Bali

Penerbangan itu terpaksa kembali ke ibu kota Victoria dan membikin banyak wisatawan kecewa sebab telah menunggu dan menjalankan pernerbangan selama berjam-jam. Seperti yang banyak orang tahu, perjalanan dari Melbourne ke Denpasar umumnya memakan waktu sekitar lima jam 40 menit. 

Tetapi sebelumnya, penumpang telah mengalami penundaan lima jam. Jadi ketika mereka terpaksa kembali ke Australia, mereka sudah menghabiskan waktu delapan jam di udara.  

Laporan News.com.au menyebut kalau terjadi miskomunikasi antara pernerbangan dari Melbourne itu dengan pihak Kewenangan Indonesia.

“Sebagian besar pengunjung liburan yang telah mengalami gangguan besar beberapa kali merasa kesal dan bingung bagaimana sebuah penerbangan bisa mencapai 80 persen dan ditolak mendarat,” kata salah satu penumpang kepada News.com.au.

Seperti Apa Miss Komunikasinya?

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Jetstar mengatakan layanan Melbourne ke Bali sudah dialihkan ke pesawat Boeing 787 yang lebih besar untuk mengangkut lebih banyak penumpang. 

Sayangnya, sebab miskomunikasi, pertukaran pesawat tak disetujui oleh regulator lokal di Indonesia. 

"Lantas sesudah kami tahu, penerbangan kembali ke Melbourne, dan kami sudah mengorder ulang penumpang untuk penerbangan hari ini," bunyi pernyataan maskapai. 

"Kami tahu ini adalah pengalaman yang benar-benar membikin frustasi pelanggan dan tulus meminta maaf atas apa yang terjadi."

Jetstar menggunakan pesawat jenis apa?

Grup Jetstar adalah golongan maskapai penerbangan berbasis-poin yang menawarkan penerbangan harga murah di Australia, Selandia Baru dan wilayah Asia Pasifik.

Penerbangan jarak jauh internasional Jetstar dilayani oleh armada pesawat Boeing 787 Dreamliner. Boeing 787 juga beroperasi pada rute dalam negeri Australia tertentu.

Armada 787-8s Jetstar dikonfigurasi dengan 21 tempat duduk di kelas Bisnis dan 314 tempat duduk di kelas Ekonomi ketika mengoperasikan layanan internasional Jetstar. Pada layanan dalam negeri, seluruh tempat duduk merupakan tempat duduk kelas Ekonomi.

Jadi setelah mengetahui kronologi pesawat Jetstar dilarang mendarat di Bali, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!