Tabrakan Japan Airlines di Landasan Pacu Tokyo: 5 Kru Pesawat Penjaga Pantai Tewas
Petugas damkar tengah memadamkan api pesawat Japan Airlines Co (JAL) yang terbakar di Bandara Haneda (Foto: Tangkapan layar Youtube @ CNN-News18)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah pesawat Japan Airlines terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai yang lebih kecil di landasan pacu di bandara Haneda Tokyo.

Insiden ini menyebabkan lima orang awak di pesawat penjaga pantai tewas, sedangkan 379 penumpang dan awak Japan Airlines berhasil dievakuasi.

Dilansir dari BBC, Rabu, 5 Januari, Api menyelimuti pesawat setelah mendarat, tergelincir di landasan pacu yang menyala-nyala. Petugas pemadam kebakaran menghabiskan waktu berjam-jam untuk memadamkan api. Pesawat tersebut berasal dari Sapporo di pulau utara Hokkaido.

Pakar keselamatan udara memuji awak pesawat karena mengevakuasi semua penumpang dengan selamat. Keempat landasan pacu Haneda ditutup setelah kejadian tersebut, mengganggu rencana perjalanan ribuan penumpang.

Japan Airlines Penerbangan 516 telah berangkat dari bandara New Chitose Sapporo pada pukul 16:00 waktu setempat (07: 00 GMT) dan mendarat di Haneda sesaat sebelum pukul 18: 00. Video menunjukkan pesawat itu terbakar saat melaju di landasan pacu setelah mendarat.

"Saya merasakan ledakan seperti kami menabrak sesuatu dan tersentak ke atas saat kami mendarat," kata seorang penumpang kepada kantor berita Kyodo.

"Saya melihat percikan api di luar jendela dan kabin dipenuhi gas dan asap," sambungnya lagi. 

Penumpang melarikan diri melalui perosotan evakuasi dan berlari melintasi landasan menuju tempat yang aman, rekaman dan foto menunjukkan. Para pejabat mengatakan awak pesawat melaporkan tidak ada masalah sebelum mendarat. Pertukaran dengan pengontrol penerbangan sedang diselidiki.

Apa yang menyebabkan tabrakan itu masih belum jelas. Penjaga pantai mengatakan penyelidikan sedang dilakukan untuk menentukan bagaimana dan pada jam berapa kedua pesawat itu saling bersentuhan.

Pesawat penjaga pantai-sebuah turboprop De Havilland Dash 8- sebelum kejadian itu sedang menuju untuk membantu upaya penyelamatan dan pertolongan setelah gempa bumi hari Senin di Ishikawa. Itu adalah salah satu dari empat pesawat yang sedang dalam misi ke lokasi gempa.

Rekaman TV menunjukkan beberapa truk pemadam kebakaran di tempat kejadian saat asap dan api mengepul dari Airbus. Rekaman dari dalam pesawat menunjukkan penumpang dikelilingi asap tebal. Pesawat penumpang secara efektif terbakar hingga ke badan pesawatnya.

Seorang wanita memposting foto kerumunan besar yang menyaksikan pemandangan itu terungkap.

"Saya ada di kapal. Aku aman. Syukurlah, " tulisnya di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Namun dalam beberapa jam setelah kobaran api, polisi di Tokyo telah mengkonfirmasi laporan bahwa lima awak penjaga pantai telah tewas dan mengatakan pilotnya terluka parah.