Bagikan:

JAKARTA - Presiden Jokowi mengucapkan selamat hari pendidikan nasional atau Hardiknas 2024 lewat media sosialnya, Kamis 2 Mei. Namun, kucing oranye yang biasa muncul di unggahan Jokowi tidak ada.

Pada Hardiknas 2024 ini, Jokowi berharap dunia pendidikan di Tanah Air terus mengikuti perkembangan zaman dalam belajar mengajar atau update ilmu pengetahuan.

"Dari zaman Ki Hajar Dewantara hingga era digital saat ini, pendidikan terus berkembang dan adaptif. Selamat Hari Pendidikan Nasional," kata Jokowi dalam unggahannya di akun Istagramnya, Kamis 2 Mei.

Jokowi juga menginginkan teknologi yang dipakai dalam lingkungan pendidikan di Indonesia tidak ketinggalan zaman dan terus berkembang.

"Semoga semangat memajukan pendidikan terus berkobar dalam setiap inisiatif dan teknologi yang kita kembangkan," ujarnya.

Ucapan selamat Hardiknas 2024 ini juga diikuti ilustrasi kartun yang menampilkan pahlawan pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara.

Ilustrasi itu juga memperlihatkan proses belajar mengajar konvensional hingga memanfaatkan teknologi dengan teknik pembelajaran lewat metode nonton bareng lewat screen.

Sementara kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan seperti pramuka juga diperlihatkan. Namun, tidak ada kucing oranye dalam ilustrasi tersebut.

Kucing oranye merupakan ikon unik yang kerap muncul dalam unggahan Jokowi berkaitan dengan hari bersejarah atau hari raya. Berdasarkan penulusuran VOI, Jokowi menampilkan kucing oranye dalam ilustrasi di unggahannya perdana pada saat memberi ucapan selamat Iduladha tahun 2022.