Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi meminta masyarakat menjaga kedamaian di Papua pada 1 Mei 2024. Dia menegaskan Papua bagian integral dari NKRI.

1 Mei merupakan perayaan integrasi Papua bergabung dengan NKRI, tetapi kelompok berseberangan dengan Indonesia menyebut sebagai hari aneksasi.

“Untuk itu seluruh masyarakat Papua yang ada di Kabupaten Jayapura supaya menjaga kedaulatan bangsa dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Hana di Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, Selasa 30 April, disitat Antara.

Menurutnya, tokoh masyarakat adat, ondofolo dan kepala suku untuk menjaga kondisi keamanan ketertiban di Kabupaten Jayapura.

“Ondofolo dan kepala suku untuk mengimbau kepada masyarakatnya untuk tidak melakukan aksi demo atau apapun yang bisa mengganggu kenyamanan masyarakat umum,” ujarnya.

Dia menjelaskan Rabu 1 Mei masih menjadi hari kerja atau hari padat kegiatan sehingga tidak boleh ada aktivitas yang mengganggu ketertiban umum.

“Polres Jayapura harus mengamankan setiap oknum masyarakat yang dengan sengaja melakukan aksi-aksi yang mengganggu aktivitas masyarakat umum,” katanya.

Dia menambahkan 1 Mei juga dikenal sebagai hari buruh internasional atau may day sehingga aktivitas yang bisa dilakukan hanya berkaitan dengan kepentingan buruh.

“Jadi di luar dari agenda buruh itu aparat keamanan bisa mengamankan karena dapat mengganggu kepentingan umum lainnya dan kabupaten ini harus kita jaga bersama-sama,” ujarnya.