Demonstran Pro Palestina di Universitas Colombia AS Bentangkan Spanduk Intifada
Ilustrasi demonstran membentangkan bendera negara Palestina dengan tulisan bernada tolak pendudukan Israel di Gaza. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mahasiswa pro Palestina yang melakukan aksi demonstrasi di kampus mereka Universitas Colombia Amerika Serikat (AS) membentangkan spanduk Intifada.

Mengutip NBC News, spanduk itu diperlihatkan di aula Hamilton Hall yang diduduki massa mahasiswa pada Selasa 30 April pagi waktu setempat. 

Intifada secara umum mengacu pada gerakan sipil Palestina melawan pendudukan Israel pada 1987. Gerakan itu kemudian ditanggapi agresif oleh militer Israel sejak tahun 2000.

Dalam perkembangannya Intifada lantas melekat pada demonstran pro Palestina di seluruh dunia. Dalam banyak lokasi dituliskan "Globalisasikan Intifada".

Saat ini, aksi massa mahasiswa pro Palestina di Universitas Colombia terpusat di aula Hamilton Hall. Massa menduduki aula tersebut terinspirasi massa demonstrasi protes anti-Perang Vietnam pada tahun 1968 yang juga berlaku serupa.

Upaya masuk ke aula tersebut hanya beberapa jam setelah para mahasiswa yang berpihak pada Palestina dalam demonstrasi ini diberi tindakan disipliner oleh pihak kampus berupa drop out atau pemberhentian.

Aktivitas belajar mengajar di Universitas Columbia juga sementara waktu diliburkan. Namun, mahasiswa tetap melanjutkan unjuk rasanya.