Peringati Gabungnya Papua ke NKRI Sejak 1 Mei 1963, Pemkab Jayapura Tabur Bunga di Makam Pahlawan
Sekda Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi saat tabur bunga di makam pahlawan nasional asal Papua Marthen Indey untuk memperingati integrasi Irian Barat ke Indonesia pada Rabu (1/5/2024) (ANTARA/Yudhi Efendi)

Bagikan:

PAPUA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menggelar upacara dan tabur bunga di makam pahlawan nasional asal Papua Marthen Indey, Rabu 1 Mei.

Kegiatan ini sebagai bentuk tanda integrasi Papua ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak 1 Mei 1963.

“Tahun ini kita merefleksikan Papua masuk ke dalam Indonesia dengan upacara di makam pahlawan asal Papua yang kebetulan makamnya ada di Kabupaten Jayapura,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi di Jayapura, Rabu 1 Mei, disitat Antara.

Menurut Sekda, Papua merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari NKRI. “Jangan lagi ada yang berpendapat bahwa 1 Mei merupakan hari aneksasi, tetapi hari bergabungnya Papua ke Indonesia pada 1963," imbuhnya.

Dia menjelaskan, seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan forum komunikasi pimpinan kepala daerah (Forkopimda) menghadiri upacara 1 Mei 2024.

“Pemerintah Kabupaten Jayapura menggelar upacara 1 Mei bergabungnya Papua ke Indonesia, dan itu sah di mata dunia,” tuturnya.

Dia menambahkan, masyarakat Kabupaten Jayapura harus bangga karena ada pahlawan asal Papua yang berjuang mempertahankan Indonesia dari penjajah.

“Sebagai penghargaan kepada pahlawan nasional Marthen Indey maka Pemkab Jayapura menggelar upacara bergabungnya Papua ke Indonesia di makamnya di Kampung Dosay,” ujarnya.