Guyuran Hujan Tak Patahkan Semangat Panglima TNI Hadi Tabur Bunga di TMP Kalibata
Anglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kepala Staf saat tabur bunga di pusara Presiden Ke-3 BJ Habibie menjelang HUT Ke-76 TNI, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/10/2021). (ANTARA/Syaiful Hakim)

Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin upacara ziarah nasional dan prosesi tabur bunga di tengah guyuran hujan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin, 4 Oktober petang.

Ziarah dan tabur bunga ini dilakukan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2021.

Ziarah dan tabur bunga juga dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, dan Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono.

"Hari ini kami melaksanakan serangkaian kegiatan hari ulang tahun ke-76 dengan tema 'Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang'," kata Panglima TNI usai upacara dilansir Antara.

Menurut dia, ziarah dan tabur bunga ini merupakan bentuk sinergitas antar tiga matra TNI.

"Adalah satu bentuk soliditas, sinergitas TNI AD, TNI AL, dan TNI AU untuk melaksanakan fungsi pertahanan dalam rangka melaksanakan tugas TNI," tegas mantan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) ini.

Panglima TNI bersama kepala staf menaburkan bunga di pusara Presiden Ke-3 RI BJ Habibie hingga pusara Pahlawan Revolusi.


Selain di TMP Kalibata, kegiatan ziarah dan tabur bunga dilakukan di makam Presiden Ke-1 RI Soekarno yang dipimpin Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto di Blitar, Jawa Timur.

Kemudian makam Presiden Ke-4 RI Abdurrahman Wahid yang dipimpin Dankodiklatal Laksdya TNI Nurhidayat di Jombang.

Selanjutnya makam Jenderal Besar Soeharto di Astana Giri Bangun, Solo, Jawa Tengah, yang dipimpin Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto dan Panglima Besar Jenderal Soedirman di TMP Kusuma Negara Semaki Yogyakarta yang dipimpin Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso.