Singgung Komitmen dengan Prabowo Soal Jatah Menteri, AHY: Serahkan Pada Beliau
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut sudah membuat komitmen dengan capres terpilih Prabowo Subianto soal jatah menteri. Dia minta kadernya tak perlu banyak menuntut.

"Terkait posisi di kabinet dan posisi lainnya di pemerintahan mendatang, kita telah membuat komitmen dengan Pak Prabowo. Mari kita serahkan kepada beliau," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April.

"Jangan bebankan Pak Prabowo dengan tuntutan yang berlebihan," sambungnya.

AHY menyebut lobi soal jatah menteri itu akan menjadi urusannya. Dia juga memastikan hanya kader terbaik yang bakal diajukan untuk mengisi jabatan menteri di pemerintahan mendatang.

"Percayakan juga tugas sepenuhnya kepada saya, pada saatnya saya akan memilih kader terbaik Partai Demokrat untuk membantu Pak Prabowo," tegas Menteri ATR/BPN tersebut.

Lebih lanjut, AHY memastikan komitmen partainya untuk mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran. "Kita ingin Partai Demokrat semakin mengambil peran baik di eksekutif maupun legislatif di tingkat pusat maupun daerah," ujarnya.

KPU secara resmi menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih di Pilpres 2024 pada hari ini, Rabu, 24 April. Penetapan ini dituangkan dalam berita acara nomor 252/PL.01.9-BA-05/2024.

Pasangan nomor urut dua ini mendapatkan 96.214.691 suara atau 58,6 persen suara sah nasional. Sementara, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang merupakan pasangan nomor urut 01 dapat 40.971.906 suara atau 24,9 persen suara sah nasional.

Sedangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang merupakan pasangan nomor urut tiga mendapatkan 27.040.878 suara atau 16,5 persen suara sah nasional.