Bagikan:

JAKARTA - Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diprioritaskan untuk menjadi menteri di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal ini disampaikan Herzaky saat disinggung soal nama yang bakal diajukan ke Prabowo untuk mengisi jabatan menteri. Katanya, AHY punya loyalitas dan kompetensi.

"Soal sosok tentunya sudah jelas ketua umum kami, AHY yang utama," kata Herzaky kepada wartawan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April.

Sementara untuk nama lainnya, tentu ada yang bakal disodorkan. "Ya, kita lihat dari kompetensi dan kerja kerasnya. Kita tahu berjuang untuk Prabowo ini bukan hal mudah," tegasnya.

Lagipula, Herzaky meyakini siapapun sosok yang disodorkan oleh AHY kepada Prabowo tidak sembarangan dipilih. Kriteria dan kebutuhan bakal diutamakan.

"AHY selalu memulai dari kriteria, bukan dari sosok tapi sesuai kebutuhannya. Tentunya ini juga hasil diskusi dengan Prabowo. Ini adalah ranahnya presiden seiring dengan AHY tapi di ujung akhir tetap Prabowo sebagai presiden yang menentukan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyebut sudah membuat komitmen dengan Prabowo Subianto sebagai capres terpilih soal jatah menteri. Kadernya diminta tak banyak menuntut.

"Terkait posisi di kabinet dan posisi lainnya di pemerintahan mendatang, kita telah membuat komitmen dengan Pak Prabowo. Mari kita serahkan kepada beliau," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April.

"Jangan bebankan Pak Prabowo dengan tuntutan yang berlebihan," sambungnya.

AHY menyebut lobi soal jatah menteri itu akan menjadi urusannya. Dia juga memastikan hanya kader terbaik yang bakal diajukan untuk mengisi jabatan menteri di pemerintahan mendatang.

"Percayakan juga tugas sepenuhnya kepada saya, pada saatnya saya akan memilih kader terbaik Partai Demokrat untuk membantu Pak Prabowo," tegas Menteri ATR/BPN tersebut.