Bagikan:

JAKARTA - Capres Anies Baswedan menyatakan tetap pada jalur gerakan perubahan. Pun soal keputusan berada di jalur oposisi, Prabowo diyakini Anies bakal menghormatinya.

“Saya sempat berkali-kali ditanya pendapat pribadi tentang Pak Prabowo, dan saya jawab beliau adalah seorang patriot. Hari ini saya terus mempercayai sebagai seorang patriot, beliau adalah seorang yang telah mengalami pendidikan moderen sejak usia belia dan berasal dari keluarga intelektual yang amat terpandang,” ujar Anies Baswedan, Senin, 22 April.

Atas pandangan itu, Anies yakin Prabowo akan menerima keberadaan oposisi sebagai partner.

“Maka Pak Prabowo tentu paham, bahwa dalam demokrasi yang baik, menerima keberadaan oposisi sebagai partner dalam bernegara.  Menjaga keseimbangan dan independensi tiga cabang kekuasaan, yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif,” ujar Anies.

Anies juga yakin kepemimpinan Prabowo akan menjaga nilai-nilai demookrasi Indonesia.

“Karena itu pada hari ini kami menyatakan bahwa bagi kami, proses Pilpres 2024 telah terlewati seluruh fasenya. Kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua,” kata Anies.