Polisi Cari 8 Anggota Keluarga Lari dari Tagihan Makan Rp6,5 Juta, 7 Restoran Jadi Korban
Ilustrasi restoran. (Unsplash-Sandra Seitamaa)

Bagikan:

JAKARTA - Kepolisian mencari satu keluarga berisi delapan anggota yang kerap melakukan modus lari dari tagihan usai makan di restoran di wilayah Inggris Raya.

Terakhir keluarga itu menghilang dari restoran Italia di Wales dengan tagihan makanan yang mereka santap berbiaya sekitar 329 poundsterling atau sekitar Rp6,5 juta.

Restoran bernama Bella Ciao di Port Talbot, Wales tersebut mengatakan keluarga tersebut memesan steak internasional mahal, 15 minuman dan makanan penutup.

Mengutip Metro.co.uk, Senin 22 April, modusnya ibu dalam keluarga tersebut mencoba membayar dengan kartu debit bank, namun ditolak sebanyak dua kali.

Dia kemudian mengatakan kepada pegawai Bella Ciao hendak mengambil kartu debit bank lain di luar sementara putranya menunggu di restoran. Namun, sang ibu maupun putranya menghilang lari dari tagihan restoran.

Manajer restoran lantas memposting rekaman CCTV aksi satu keluarga itu ke media sosial akhir pekan ini dengan maksud identifikasi para pelaku terungkap.

Usai kejadian di restoran Port Talbot, restoran lain melaporkan mengalami hal serupa dengan dugaan para pelaku keluarga yang sama.

Namun, pihak Port Talbot mengaku kecewa terkait respons kepolisian menindaklanjuti kejadian Rp6,5 juta yang belum dibayar.

Restoran-restoran lain yang menjadi sasaran praktik penipuan keluarga itu, termasuk Yard di Cowbridge, River House di Swansea, dan La Casone di Skewen. Polisi mengatakan jumlah korban dari aksi keluarga tersebut diprediksi berjumlah tujuh restoran. 

Tindakan tersebut ditindaklanjuti pihak kepolisian dengan mengimbau sejumlah pihak restoran di Inggris Raya untuk berhati-hati.

Kepolisian menyebutkan keluarga itu diancam hukuman hingga dua tahun penjara jika tertangkap dengan tuduhan lari dari tagihan usai makan di restoran selama delapan bulan terakhir.

Kepolisian juga menyebutkan satu keluarga itu dipimpin suami-istri paruh baya yang bahkan membawa anaknya di kursi bayi.

Terkait