Menlu China Wang Yi: Resolusi DK PBB Soal Gencatan Senjata harus Dilaksanakan Sepenuhnya Tanpa Syarat
Menlu Wang Yi bersama Menlu Retno Marsudi di Jakarta. (Sumber: Kementerian Luar Negeri RI)

Bagikan:

JAKARTA - Resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai gencatan senjata di Jalur Gaza harus dilaksanakan tanpa syarat, kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi, mengingatkan Amerika Serikat harus mendukung resolusi itu.

Menlu Wang Yi menyampaikan hal tersebut usai pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno L.P Marsudi di Jakarta, Hari Kamis.

Dikatakan olehnya, kedua menteri luar negeri sepakat menyerukan semua pihak terkait konflik di Gaza harus menahan diri

"Kedua menteri menyampaikan kebencian atas bencana kemanusiaan akibat konflik Palestina-Israel. Kami sepakat resolusi Dewan Keamanan PBB tentang gencatan senjata harus dilaksanakan sepenuhnya dan tanpa syarat apa pun," kata Menlu Wang usai pertemuan, melansir Reuters 18 April.

Lebih jauh Menlu Wang Yi mengatakan, Amerika Serikat harus mendukung resolusi PBB untuk gencatan senjata di Gaza. Ia mendesak Negeri Paman Sam untuk "mendengarkan komunitas internasional" di tengah kekhawatiran atas meningkatnya konflik di Timur Tengah.

"Dewan Keamanan PBB adalah mekanisme keamanan kolektif yang tidak boleh digunakan oleh negara tertentu," ujar Menlu Wang Yi.

Di Jakarta, Menlu Wang Yi juga bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, serta Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Selain itu, Menlu Wang Yi juga diagendakan untuk menghadiri pembahasan detail peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara dalam High-Level Dialogue Cooperation Mechanism (HDCM) yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur besok.