Bagikan:

JAKARTA - Juru bicara Israel Defense Forces (IDF) Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan, penyelidikan militer atas serangan mematikan terhadap konvoi bantuan di Gaza awal pekan ini telah selesai, dengan hasilnya akan segera disampaikan kepada publik.

Menanggapi pertanyaan pada konferensi pers, Laksda Hagari mengatakan insiden tersebut, yang menewaskan tujuh pekerja bantuan di World Central Kitchen (WCK), diselidiki "secara menyeluruh" oleh Mekanisme Penilaian Pencarian Fakta Staf Umum, sebuah badan militer independen yang bertanggung jawab untuk menyelidiki insiden yang tidak biasa di tengah perang.

Ia mengatakan kepala mekanisme tersebut, Mayjen (res.) Yoav Har-Even, menyampaikan temuan tersebut kepada Kepala Staf IDF Letjen Herzi Halevi hari ini, dan dijadwalkan untuk menyampaikannya kepada Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

"Saya yakin setelah kami menyampaikannya kepada duta besar negara terkait, dan kepada masyarakat WCK, kami akan segera mempublikasikannya dengan cara yang jelas dan transparan," jelas Laksda Hagari, dilansir dari The Times of Israel 5 April.

Sebelumnya, tujuh pekerja kemanusiaan WCK tewas dalam serangan udara Israel di Gaza Hari Senin. Pihak WCK dalam sebuah pernyataan mengatakan, para korban bepergian dengan dua mobil lapis baja berlogo WCK dan kendaraan lain.

Meskipun konvoi itu sudah terkoordinasi dengan Israel Defense Forces (IDF), konvoi tersebut diserang ketika meninggalkan gudang Deir al-Balah, setelah menurunkan lebih dari 100 ton bantuan makanan kemanusiaan yang dibawa ke Gaza melalui laut, kata WCK.

Laksda Hagari menyampaikan bela sungkawa atas peristiwa itu, menjanjikan penyelidikan yang transparan.

"Itu adalah kesalahan yang terjadi setelah kesalahan identifikasi, pada malam hari, saat perang, dalam kondisi yang sangat kompleks. Hal ini seharusnya tidak terjadi," jelasnya, seraya menambahkan bahwa tidak ada "niat untuk merugikan pekerja bantuan WCK."

Sebuah badan “independen” juga akan menyelidiki insiden tersebut dan akan menyajikan temuannya dalam beberapa hari mendatang, katanya, seraya menambahkan IDF akan segera menerapkan kesimpulannya dan membagikannya kepada WCK serta organisasi internasional terkait lainnya.