Tekan Impor, Erick Thohir Akan Akuisisi Perusahaan Peternakan hingga Garam Milik Asing
Menteri BUMN Erick Thohir (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah terus berupaya mengatasi ketergantungan barang impor. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan upaya yang akan dilakukan salah satunya mengakuisisi perusahaan asing di sejumlah sektor. 

"Kami sedang merencanakan akuisisi peternakan, penambangan fosfat, penambangan garam di luar negeri untuk mengurangi ketergantungan impor," kata Erick Thohir dalam Webinar Investor Forum 2021, Rabu, 3 Maret. 

Menurut Erick Thohir, proses akusisi perusahaan pada sektor itu merupakan bagian dari 88 inisiatif yang akan dilaksanakan secara bertahap dimulai tahun ini hingga 2023.

Tak hanya itu, Erick Thohir juga ingin perusahaan pelat merah menjadi pemain global. Sehingga bisa melayani kepentingan nasional hingga meningkatkan daya saing. 

"Ini juga untuk meningkatkan rantai pasokan, mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, hingga menjadikan BUMN sebagai pemain global," tuturnya. 

Menurut Erick, rencana ini dinilainya akan membantu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi terbesar kelima pada 2045. Untuk mencapai target ini, BUMN juga membuka peluang kerja sama dengan perusahaan-perusahaan swasta termasuk di Indonesia. 

"Kami berkomitmen bekerja sama dengan sektor swasta untuk membangun pertumbuhan Indonesia yang berkelanjutan," tuturnya.