Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku partainya tak salah langkah untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Pasalnya, kemenangan Prabowo telah mewujudkan misi besar Partai Demokrat untuk kembali ke pemerintahan. 

 "Hari Sabtu lalu, saya menyampaikan kepada para pengurus dan kader Demokrat, kita wajib mengucap syukur kepada Allah SWT. Meskipun jalan yang kita tempuh tidak mudah, terjal dan sangat berliku, tetapi Alhamdulillah, jalan yang kita pilih ini, tidak salah. Misi besar Partai Demokrat, yaitu kembali ke pemerintahan nasional, telah tercapai seiring dengan kemenangan satu putaran, pasangan Prabowo-Gibran," ujar AHY dalam acara silaturahmi dan buka puasa bersama presiden terpilih di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Maret. 

AHY mengungkap alasan partainya ingin kembali ke pemerintahan. Salah satunya, ruang gerak Partai Demokrat untuk berkontribusi kepada negara terbatas lantaran mengambil posisi di luar pemerintahan.  

"Mengapa upaya Partai Demokrat kembali ke pemerintahan, menjadi misi utama kami? Pertama, selama 10 tahun dari 2004 hingga 2014, Partai Demokrat berada di pemerintahan. Telah banyak kebijakan pembangunan dan program-program pro-rakyat era pemerintahan Presiden SBY yang dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Bahkan, sejumlah program itu dilanjutkan oleh pemerintahan Presiden Jokowi," ungkap AHY. 

"Kedua, selama 9 tahun 4 bulan terakhir, Partai Demokrat berada di luar pemerintahan telah membatasi ruang gerak, sumber daya, dan kontribusi nyata Partai Demokrat untuk memperjuangkan harapan rakyat Indonesia. Praktis, perjuangan kami terbatas hanya di parlemen dan pemerintahan daerah saja," sambungnya.

 

Namun, AHY bersyukur karena kemenangan Prabowo, telah memberikan kepastian posisi Partai Demokrat untuk kembali ke pemerintahan nasional pada periode 2024- 2029.  

"Pada kesempatan yang baik ini, saya juga perlu menyampaikan kepada para kader Partai Demokrat, selain tentu atas perkenan dan kehendak Bapak Presiden Joko Widodo, kembalinya Partai Demokrat ke pemerintahan nasional saat ini juga atas dukungan dan dorongan Bapak Prabowo Subianto," katanya. 

AHY berjanji untuk menyukseskan pemerintahan dan fokus membantu menunaikan janji-janji kampanye Prabowo. Sebaliknya, kata AHY, pihaknya tidak ingin mengganggu fokus Prabowo dalam menyusun program kerja mendatang. 

"Bapak juga sudah memerintahkan kepada saya, untuk menyiapkan sejumlah kader terbaik Partai Demokrat, yang akan membantu Bapak di kabinet dan pemerintahan mendatang. Semoga kami bisa benar-benar membantu Bapak untuk mewujudkan Indonesia yang semakin baik, lima tahun ke depan," pungkasnya.